Jadwal Makan Diet yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

0
49

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, diet bukan hanya soal mengurangi porsi makan, tetapi juga mengatur jadwal makan diet yang tepat. Pasalnya, diet yang terlalu ketat dengan mengurangi porsi makan terlalu ekstrem justru membuat kita mudah lapar dan berisiko bagi kesehatan tubuh, loh.

Lalu, jadwal makan seperti apa yang harus kita jalani saat diet? Berikut ini ulasan dan rekomendasi jadwal makan diet untuk menurunkan berat badan. Simak dan catat baik-baik ya!

Kenapa Butuh Atur Jadwal Makan Diet?

Jadwal-Makan-Diet

Ladies, meskipun makanan yang kita konsumsi sehat, diet akan tetap sia-sia ketika jadwal makan kita berantakan. Apalagi sengaja melewatkan jam makan di waktu tertentu, misalnya sarapan atau makan malam. Alhasil, metabolisme tubuh kita terganggu.

Metabolisme yang kurang baik justru berdampak pada meningkatnya kadar gula darah. Kenaikan gula darah secara drastis ini akan mengganggu produksi hormon insulin. Padahal, hormon insulin dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi bagi sel-sel tubuh.

Ketika produksi insulin tergganggu, gula darah akan menumpuk dalam tubuh kita, Ladies. Kelebihan gula ini akan disimpan menjadi cadangan energi berupa lemak. Alhasil, berat badan akan bertambah dan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis lain seperti obesitas, strok, dan diabetes.

Selain itu, kebiasaan telat atau melewatkan jam makan justru membuat kita makan dengan porsi lebih banyak di jam berikutnya. Alhasil, tubuh kita akan menyimpan kalori lebih banyak.

Jadwal Makan Diet yang Dianjurkan

Jadwal-Makan-Diet

Menerapkan diet yang benar baik untuk kesehatan tubuh. Caranya, Ladies bisa mengatur atau mengubah jadwal makan diet seperti berikut ini.

1. Sarapan

Ladies, kalau sedang diet jangan sampai melewatkan sarapan. Dilansir dari SehatQ, jam sarapan yang dianjurkan adalah antara pukul 06.00 sampai pukul 09.00 pagi.

Menu sarapan sebaiknya mengandung protein, serat, dan karbohidrat kompleks untuk menambah energi sebelum beraktivitas. Nah, bagi Ladies yang sibuk bekerja bisa menyiapkan menu sarapan yang praktis seperti roti gandum isi telur, tomat, dan selada, serta secangkir susu rendah lemak.

Dengan sarapan, perut kita akan kenyang lebih lama, sehingga saat makan siang kita tidak “kalap”. Jadi, jangan lupa sarapan sehat sebelum berangkat kerja ya, Ladies.

2. Camilan pagi

Ladies, sebenarnya makan camilan itu sah-sah saja, terlebih jika Ladies memiliki riwayat sakit asam lambung. Untuk waktunya, Ladies bisa ngemil dua hingga empat jam setelah sarapan, yaitu di jam 10 pagi. Pilihlah camilan sehat kaya nutrisi seperti buah, yogurt rendah lemak, atau beberapa keping biskuit gandum.

3. Makan siang

Saat makan siang, pilihlah menu yang sehat ya, Ladies. Menu makan siang yang dianjurkan sebaiknya memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat. Jangan lupa mengonsumsinya dengan jumlah tepat alias tidak berlebihan ya.

4. Camilan sore

Mendekati jam pulang kerja, perut biasanya mulai keroncongan bukan? Nah, buat Ladies yang susah menahan lapar di sore hari, tidak ada salahnya untuk ngemil lagi. Ladies bisa ngemil dua jam setelah makan siang, yaitu di jam 3 atau 4 sore.

Pilihan camilan yang tepat untuk menunda rasa lapar, seperti smoothie, yoghurt, atau buah. Usahakan tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam seperti gorengan atau wafer coklat.

5. Makan malam

Makan malam sebelum tidur dapat meningkatkan gula darah, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, sebaiknya hindari makan malam di waktu yang terlalu larut. Jika terpaksa lembur, sempatkan diri beberapa menit untuk makan sebelum melanjutkan kerja.

Waktu ideal untuk makan malam adalah tiga jam sebelum tidur. Jadi, Ladies bisa makan malam pukul 18.00 atau 19.00. Untuk menunya, sebaikya rendah lemak namun tinggi serat, seperti salad, smoothie, atau oatmeal dengan taburan buah.

Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Jadwal-Makan-Diet

Selain mematuhi jadwal makan diet, ada baiknya Ladies juga mempertimbangkan hal-hal lainnya. Berikut ini beberapa hal yang mesti kita perhatikan saat diet:

  • Sebaiknya, makan satu atau dua jam sebelum olahraga. Tujuannya agar Ladies mendapatkan kalori dan nutrisi yang cukup sebelum berolahraga.
  • Makin awal jam makan kita, penurunan berat badan pun semakin efektif.
  • Jangan membuat diri kelaparan jika Ladies memiliki riwayat sakit lambung. Konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh jadwal makan diet yang tepat.

Nah, sudah siap untuk menjalani diet dengan lebih sehat? Jangan lupa patuhi jadwal makan diet yang sesuai dengan kebutuhan kita ya!

Baca Juga:

Olahraga Penurun Berat Badan Agar Tubuh Cepat Langsing  

Coba 7 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Paling Efektif

Ingin Perut Rata? Ini 6 Gerakan Olahraga Efektif Bakar Lemak Perut