Inilah Perbedaan Main Course, Appetizer, dan Dessert dalam Sajian

0
61

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Ladies, berdasarkan tradisi barat ada tiga tipe yang harus kita ketahui yaitu appetizer, main course, lalu dessert. Ketiga makanan ini sering disebut sebagai full course dinner atau multicourse meal.

Jadi, wajar saja jika banyak orang Indonesia yang tak mengetahui hal ini karena memang bukan budaya Indonesia. Namun, jika Ladies hendak berkunjung ke luar negeri terutama negara barat, ada baiknya kita memahami ketiga hal tersebut.

Lantas apakah perbedaan dari main course, dessert, dan appetizer? Simak artikel ini sampai habis ya, Ladies.

1. Appetizer

Perbedaan-Main-Course-Appetizer-dan-Dessert

Appetizer bisa kita sebut sebagai makanan pembuka sebelum menikmati hidangan lainnya. Hidangan appetizer berfungsi untuk meningkatkan selera makan kita. Appetizer disajikan dalam porsi kecil antara satu atau dua gigitan saja. Biasanya, appetizer disajikan dalam dengan penampilan yang menarik dengan rasa memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Hidangan pembuka ini dapat disajikan dalam kondisi dingin ataupun panas. Tipe makanan ini dibuat dengan ukuran yang bisa langsung dimakan menggunakan tangan yakni sekitar 50-100 gram untuk setiap porsinya. 

Selain itu, appetizer umumnya disajikan dalam keadaan dingin (cold appetizer), seperti sorbet, koktail, salad salyur, dan salad buah. Namun appetizer juga bisa dihidangkan dalam keadaan panas (hot appetizer), seperti sup, risoles, dan kroket.

2. Main Course

Perbedaan-Main-Course-Appetizer-dan-Dessert

Selanjutnya ada main course yang berperan sebagai hidangan utama. Secara umum makanan ini dihidangkan setelah Ladies mengonsumsi appetizer. Di daerah Kanada dan Amerika Serikat, biasanya main course dikenal dengan sebutan entrée.

Main course memiliki porsi yang lebih banyak dan besar dibandingkan dessert dan appetizer. Biasanya hidangan main course berupa perpaduan antara protein dan karbohidrat seperti mie, pasta, kentang, atau nasi yang ditaburi dengan daging. Disisi lain, ada juga main course yang menyajikan sayuran di dalamnya seperti appetizer tergantung dari ciri khas setiap negara. 

3. Dessert

Perbedaan-Main-Course-Appetizer-dan-Dessert

Terakhir, ada dessert yang berperan sebagai hidangan penutup. Tipe makanan ini akan disajikan setelah Ladies mengonsumsi main course. Biasanya dessert memiliki rasa manis seperti agar-agar, kue, puding, ice cream, candy, pai, dan lain sebagainya. 

Selain itu, ada juga dessert yang berbentuk minuman seperti sirup, wine, dan minuman keras. Umumnya dessert juga berukuran kecil sama seperti appetizer, tetapi setiap negara memiliki menu khas yang spesial.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis makanan appetizer, main course, dan dessert. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat menambah pengetahuan jika hendak berkunjung ke negara lain suatu saat nanti, Ladies.

Baca Juga:

5 Jenis Makanan Pecel di Indonesia, Dijamin Nikmat dan Lezat

5 Makanan Khas Riau, Kuliner Nikmat Bagi Food Vloger

5 Vitamin Penambah Nafsu Makan, Efektif Naikkan Berat Badanmu!