Inilah Penjelasan dan Makna 6 Rukun Iman dalam Islam

0
283

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Iman merupakan keyakinan maupun ketetapan hati yang berkaitan dengan agama dan ketuhanan yang diikrarkan dalam lisan dan dilakukan dengan perbuatan. Di dalam ajaran islam, umat muslim mengenal rukun iman sebagai dasar dan pedoman dalam kehidupan yang dipegang dengan teguh sesuai dengan hadis berikut:

Inilah penjelasan dan makna dari 6 rukun iman dalam islam yang wajib kita ketahui dan kita pegang teguh dalam kehidupan kita:

1. Iman Kepada Allah SWT

Iman kepada Allah SWT, artinya kita meyakini dan mempercayai adanya Allah SWT di dalam kehidupan kita meskipun tidak dapat dilihat wujudnya dengan mata kita. Kita hanya beribadah, berdoa, memohon pertolongan serta ampunan hanya kepada Allah SWT karena tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah. Iman kepada Allah berarti juga kita meyakini dan mempercayai sifat-sifat Allah SWT (asmaul husnah) yang juga tercantum di dalam Al-qur’an maupun hadis.

Makna yang kita dapatkan adalah kita akan senantiasa berusaha melakukan segala perintah-Nya, perbuatan baik, amal ibadah karena mengharap rida, keberkahan, dan pahala dari Allah SWT. Kita juga berusaha untuk menjauhi segala larangan dari Allah agar hidup kita terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tercela dan menimbulkan dosa.

2. Iman Kepada Malaikat Allah SWT

Iman kepada malaikat Allah SWT, artinya sebagai umat islam kita meyakini dan mempercayai adanya malaikat Allah yang tercipta dari nur beserta tugasnya masing-masing. Kita juga wajib mengetahui dan mengimani sepuluh malaikat yang membantu Allah SWT dalam memberi wahyu kepada para rasul Allah maupun untuk mengawasi manusia dan jin.

Makna yang kita dapatkan adalah kita senantiasa berusaha melakukan amal perbuatan baik karena segala perbuatan kita akan dicatat oleh malaikat.

3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT

Iman kepada kitab-kitab Allah SWT, artinya sebagai umat islam kita meyakini dan mempercayai bahwa kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi dan apa yang tertulis di dalam kitab-kitab itu bersumber dari Allah SWT. Kitab-kitab dari Allah SWT ini, dapat dijadikan sebagai petunjuk, pedoman, dan kebenaran yang kita pegang baik di dunia maupun di akhirat. Apalagi Al-qur’an sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab terdahulunya (Taurat, Zabur, dan Injil).

4. Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah SWT

Iman kepada nabi dan rasul-rasul Allah SWT, artinya sebagai umat islam kita meyakini dan mempercayai bahwa nabi dan rasul-rasul Allah hadir di tengah masyarakat pada ribuan tahun yang lalu untuk menyampaikan dan menyebarluaskan ajaran dari Allah SWT. Terlebih, nabi dan rasul Allah hadir untuk memberikan petunjuk dan hidayah agar menuntut umat islam ke jalan yang benar dan menghindari dari kesesatan.

Makna yang kita dapatkan adalah kita menjadikan para nabi dan rasul-rasul, khususnya 25 nabi yang wajib kita ketahui sebagai contoh dan teladan dari sifat-sifat terpujinya, ketaatan beribadah dan melakukan amal perbuatan yang baik-baik sesuai perintah dari Allah SWT

5. Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)

Iman kepada hari akhir (kiamat), artinya sebagai umat kita meyakini dan mempercayai bahwa kehidupan di dunia tidaklah kekal, melainkan akan ada hari kiamat yang memusnahkan seluruh alam semesta dan menghidupkan kembali kita untuk diperhitungkan segala amal perbuatan yang telah dilakukan. Kita juga mempercayai adanya surga dan neraka di alam akhirat sebagai balasan atas perbuatan yang kita semasa hidup di dunia.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar (Ketetapan Allah SWT

Iman kepada Qada dan Qadar, artinya sebagai umat kita meyakini dan mempercayai bahwa Allah SWT telah menetapkan takdir kehidupan manusia, baik itu yang dapat diubah maupun yang tidak dapat diubah bahkan sebelum terciptanya alam semesta. Makna yang kita dapatkan adalah kita terus berusaha dalam hidup, namun tetap berserah diri pada-Nya atas takdir yang terjadi pada kita.

Itulah penjelasan dan makna 6 rukun iman dalam islam yang dapat kita ketahui dan imani agar semakin menambah wawasan kita sebagai umat muslim. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita sebagai umat-Nya yang lebih taat.

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Kata-Kata Rindu Islami Menyentuh

Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Penyejuk Hati

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islami yang Indah