Inilah Cara Mudah Berjualan di Shopee Bagi Pemula

0
170

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Aktivitas serba online sekarang ini membuat kita mau tidak mau untuk bisa beradaptasi, seperti misalnya membeli atau menjual produk secara online. Ada berbagai macam marketplace yang bisa dipilih, salah satu yang cukup terkenal adalah Shopee.

Ladies sendiri, pernah tidak memiliki niat untuk berjualan di Shopee? Kelihatannya menarik ya, bisa mendapatkan omset yang besar dengan cara online? Nah, kalau ingin mencobanya, berikut ini ada cara mudah berjualan di Shopee bagi pemula. Simak, ya, Ladies

1. Buat akun Shopee

cara jualan di shopee bagi pemula

Untuk bisa melakukan aktivitas di Shopee baik itu berjualan ataupun membeli, Ladies harus memiliki akun. Caranya bisa dengan langsung mengklik ‘Daftar’.

Nanti, di halaman tersebut, Ladies akan diperintahkan untuk memasukkan nomor telepon aktif yang akan digunakan. Setelah mengisi, pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor telepon tersebut.

Atau kalau tidak ingin menggunakan nomor telepon, Ladies bisa memilih akun facebook atau gmail yang dimiliki. Nanti untuk verifikasinya akan dilakukan melalui email yang bertautan.

2. Buat toko

cara jualan di shopee bagi pemula

Setelah sudah memiliki akun, maka Ladies sudah bisa membuat toko, nih. Caranya:

  • Buka halaman awal Shopee 
  • Klik ‘mulai jual’ di bagian pojok kiri atas
  • Lengkapi informasi lengkap toko Ladies. Mulai dari nama toko, deskripsinya, foto profil, dan juga banner.

Setelah selesai, maka profil toko sudah berhasil dibuat. Jangan lupa untuk mengatur alamat toko dan jasa pengiriman yang tersedia. 

3. Unggah produk yang akan dijual

cara jualan di shopee bagi pemula

Toko sudah dibuat lalu apalagi? Sekarang waktunya unggah produk! Demi mendapatkan kesan yang baik dari calon konsumen, usahakan untuk gunakan foto dengan kualitas yang bagus, ya.

Pastikan foto produk bisa dilihat jelas oleh konsumen untuk meyakinkan mereka bahwa produk dan toko Ladies itu asli dan berkualitas. Selain itu, isi juga detail produk yang dijual. Seperti nama produk, jenis, ukuran, deskripsi, dan lainnya. 

Nantinya pihak Shopee akan melakukan pemeriksaan produk Ladies dalam waktu 1 hari kerja.

4. Tambahkan nomor rekening

cara jualan di shopee bagi pemula

Dalam transaksi jual beli online, salah satu aspek penting yang harus ada adalah rekening bank. Di mana, semua uang hasil penjualan dimasukkan dalam rekening bank toko kita. Berikut isian data kalau Ladies ingin mengisi nomor rekening di Shopee:

  • Nama lengkap atau sesuai dengan nomor rekening
  • Nomor rekening bank
  • Cabang tempat kita membuat rekening.

5. Lakukan promosi dan mulai jualan

cara jualan di shopee bagi pemula

Saat proses verifikasi produk oleh pihak Shopee selesai dilakukan, maka produk Ladies sudah bisa terlihat di etalase toko. Selanjutnya, untuk mendukung kelancaran berjualan, Ladies perlu melakukan promosi.

Fitur promosi yang ditawarkan cukup banyak, loh. Ladies tinggal menyesuaikan dengan kemampuan toko dan peluang untuk keberhasilannya.

Promosi ini tujuannya supaya barang Ladies bisa lebih dilirik oleh calon konsumen. Apalagi kalau Ladies adalah penjual pemula. Biasanya, setiap 4 jam, Shopee memberikan peluang kepada penjual untuk menaikkan produknya. Jadi, Ladies harus manfaatkan, ya!

Itulah tadi cara mudah berjualan di Shopee bagi pemula. Bagaimana, Ladies tertarik mencobanya, enggak nih?

Baca Juga:

Kata-Kata Cinta Jarak Jauh yang Menggambarkan LDR

Dear Jobseekers, Ini Cara Membuat CV Online Praktis dan Bagus

Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Kadar Kolesterol dalam Tubuhmu Tinggi!