Inilah 10 Fakta dan Makna Simbol dari Negara-Negara ASEAN

0
99

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

ASEAN adalah suatu organisasi yang merupakan kumpulan dari persatuan para negara di Asia Tenggara. Organisasi ini memiliki 10 anggota negara yang bekerjasama dibidang sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan lainnya. 

Tujuan berdirinya organiasi ASEAN ini untuk menjaga stabilitas dan kedamaian di Asia Tenggara. Awalnya pada tanggal 8 Agustus 1967, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, dan Filipina memprakarasi kerjasama ini hingga negara lainnya bergabung. Apakah Ladies ingin tahu mengenai makna dan simbol dari masing-masing negara ASEAN? Keep scrolling, Ladies! 

Bendera Indonesia

Pusaka miliki bangsa Indonesia ini pertama kali berkibar pada 17 Agustus 1945 dan dijahit oleh Fatmawati. Bendera ini memiliki arti berani dan suci yang menjadi jati diri bangsa hingga saat ini. Selain itu, kombinasi warna merah dan putih menggambarkan sejarah dan tradisi Nusantara pada masa lalu.

Bendera Malaysia

Malaysia memiliki bendera yang disebut juga jalur gemilang dengan 17 corak garis merah dan putih yang sama lebar. Artinya sebagai persekutuan dari 14 wilayah negara tersebut. Terdapat pula gambar bulan sabit yang berarti agama Islam yang menjadi mayoritas di negri Jiran tersebut, Ladies.

Bendera Singapura

Siapa yang tidak tahu negara dengan lambang singa ini? Singapura memiliki bendara yang hampir mirip dengan Indonesia, loh. Namun, ada gambar bulan sabit dengan 5 bintang yang disusun dalam bentuk bundar. Arti bendera ini adalah persaudaraan dan persamaan setiap manusia sekaligus kesucian serta kebaikan.

Bendera Thailand

Dalam bendera negara ini terdapat lima jalur mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan jalur biru berukuran besar ditengahnya. Arti dari lambang garis negara tersebut adalah negara-agama-raja yang merupakan semboyan tak resmi dari Thailand.

Bendera Filipina

Selanjutnya adalah negara Filipina. Negara ini dikenal juga dengan nama Pambangsang Watawat yang memiliki bendera triwarna. Bendara negara ini juga terdapat segitiga sama sisi sebagai simbol matahari kuning yang memiliki delapan sinar yang terbagi menjadi tiga.

Bendera Brunei Darussalam

Bendera Brunei memiliki latar belakang kuning, garis hitam, dan putih. Lambangnya digambarkan denagn bulan sabit juga terdapat payung obot-obor sebagai lambang bahwa pemerintahan negara ini di bawah seorang seorang sultan.

Bendera Laos

Laos memiliki bendera berasio 2:3 dan pertama kali diadopsi di tahun 1945 saat berada dalam pemerintahan Lao Issara. Bendera ini terdiri dari 3 garis horizontal berwarna biru dan merah, loh.

Bendera Myanmar

Negara Myanmar menggunakan benderannya sejak tahun 1974 dan menggantinya pada tahun 2010. Bendera terbaru memiliki warna horizontal yaitu kuning, hijau, merah, dan lambang bintang segilima.

Bendera Vietnam

Vietnam pertama kali memperkenalkan benderannya pada tahun 1955 dengan warna merah sebagai lambang revolusi dan kejayaan. Ada pula bintang kuning ditengahnya sebagai lambang komunis.

Bendera Kamboja

Kamboja memiliki bendera dengan jalur biru dan merah dengan gambar Angkor Wat. Negara ini menggunakan benderanya saar pemerintahan Khmer Merah.

Itulah sekilas informasi mengenai bendera di negara ASEAN. Semoga informasi ini dapat membantu kita semua dalam memahami sejarah persatuan dan sebagai bentuk perhatian kita terhadap bangsa-bangsa di daerah Asia Tenggara ya, Ladies.

Baca Juga:

Memiliki Wilayah Yang Sangat Besar, Ini 5 Daftar Negara Terluas di Dunia!

Yuk Intip 9 Negara Islam yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Sangat Indah, Yuk Berwisata ke 5 Negara Terkecil di Dunia!