Ini Hukum Istri Melawan Suami Menurut Islam, Benarkah Masuk Neraka?

0
7

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam Islam, Allah SWT sudah menjelaskan bahwa suami adalah seorang pemimpin, apalagi ketika berumah tangga. Oleh karena itu, seorang istri dianjurkan untuk patuh dan taat pada suami.

Lantas, bagaimana hukum istri melawan suami menurut Islam? Apakah melawan suami dapat menjerumuskan istri ke neraka? Simak penjelasan artikel ini sampai habis ya, Ladies.

Hukum Istri Melawan Suami Menurut Islam

Hukum-Istri-Melawan-Suami-Menurut-Islam

Hampir seluruh ulama menyepakati bahwa hukum istri melawan suami dalam Islam adalah tidak diperbolehkan bahkan haram. Jika hal itu dilakukan disebut nusyuz yang merupakan lawan dari taat.

Secara garis besar, wanita yang melakukan nusyuz adalah istri berperilaku lebih tinggi dari suaminya, istri itu telah membuat marah suaminya, dan istri yang keluar dari ketaatan kepada suaminya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu Tentang Cinta Terbaru, Asyik Didengarkan

Cara Istri Bersikap pada Suami Menurut Islam

Hukum-Istri-Melawan-Suami-Menurut-Islam

Islam mengajarkan seorang istri untuk berlaku sopan kepada suami. Adapun adab atau cara bersikap seorang istri kepada suami yang baik yaitu:

1. Wanita Solehah Wajib Taat pada Suami

Salah satu ciri wanita solehah yang disebutkan dalam Islam adalah mereka yang menaati suaminya. Hal ini sesuai dengan yang Allah katakan dalam firman berikut:

Wanita yang saleh adalah mereka yang taat (kepada suaminya),”

(QS An-Nisa: 34).

2. Pada Diri Seorang Suami Ada Surga dan Neraka Istri

Jika surga dan neraka seorang anak ada pada ibunya, surga dan neraka istri ada pada suaminya. Nasihat ini juga pernah disampaikan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Ahmad yang berbunyi:

“Rasulullah SAW bertanya, ‘Apakah kamu punya suami? Wanita itu menjawab: “Ya”. Rasulullah SAW berkata: “Perhatikan dimana posisimu terhadap suami. Sebab pada suami itu ada surgamu dan nerakamu,”

(HR Ahmad).

Baca Juga: Mengenal Rangkaian Prosesi Pernikahan Adat Padang dan Maknanya

3. Istri yang Taat pada Suami Bisa Masuk Surga dari Pintu Mana Saja

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa beruntunglah seorang istri yang taat dan hormat pada suaminya karena bisa masuk surga dari pintu yang mana saja. Adapun hadis tersebut berbunyi:

“Apabila seorang istri melaksanakan shalat lima waktu, puasa Ramadhan, menjaga kehormatannya dan mentaati suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah ke dalam surga dari pintu yang mana saja,”

(HR Ahmad)

4. Tidak Melayani Suami Dilaknat Malaikat 

Bukan hanya melawan, wanita yang tidak melayani suami juga akan mendapat ganjaran. Misalnya istri yang menolak untuk melayani suaminya secara seksual, padahal sang istri tidak punya kepentingan lainnya sehingga membuat sang suami marah. 

“Bila seorang wanita melewati malamnya dengan menolak tidur dengan suaminya, maka malaikat melaknatnya sampai subuh,”

(HR Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: 5 Kumpulan Puisi untuk Sahabat, Bikin Memori Selalu Teringat

5. Sebaik-baik Istri Adalah Istri yang Taat

Dalam hadis lainnya juga menjelaskan keistimewaan istri yang taat pada suami adalah sebagai berikut:

“Sebaik-baik istri adalah yang apabila kamu pandangi menyenangkan hatimu. Bila kamu perintah, dia mentaatimu. Bila kamu sedang tidak ada, dia menjaga dirinya untukmu dan juga menjaga hartamu,”

(HR. Al-Hakim).

Itulah penjelasan mengenai hukum istri melawan suami menurut pandangan Islam. Semoga informasi tersebut dapat dipahami agar kita terhindar dari perilaku demikian, Ladies. 

Artikel Terkait:

5 Tips Menjadi Istri Saleh, Auto Disayang Suami Tercinta

4 Cara Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah Agama Islam

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari

Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil agar Senantiasa Dilindungi Allah SWT