Ingin Tahu Cara Cari NIK Berdasarkan Nama? Berikut Langkah-Langkahnya

0
23

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Hampir setiap hari ramai kasus penipuan yang jadi viral. Nominal uang yang tidak sedikit, kerap kali membuat kita mengelus dada sambil berdoa supaya kita tidak perlu mengalaminya.

Selain harus berhati-hati, Ladies perlu mengetahui cara mencari tahu apakah pihak yang akan kita ajak bertransaksi adalah orang nyata atau justru penipu. Salah satu caranya adalah dengan meminta nama asli atau fotokopi KTP.

Namun kita juga perlu berhati-hati karena KTP juga dapat dipalsukan. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies cari tahu cara mencari dan mengecek NIK asli berdasarkan nama agar tidak mudah ditipu saat bertransaksi.

Mengapa KTP?

cara-cari-NIK-berdasarkan-nama

KTP adalah identitas diri yang berisi NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tanggal lahir, domisili, agama, dan status perkawinan seseorang. Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang berusia 17 tahun ke atas.

NIK terdiri dari 16 digit nomor yang diatur agar menjadi nomor unik, tunggal, dan melekat pada seluruh penduduk Indonesia. Nomor ini pasti berbeda satu sama lain dan tidak akan bisa diubah, menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013. Oleh karen aitu, identitas seseorang dapat mudah diketahui nyata atau palsu dari NIK ini.

Cara Membaca NIK

cara-cari-NIK-berdasarkan-nama

Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdiri dari beberapa nomor yang masing-masing menujukkan kode tertentu. Adapun kode yang dimaksud yaitu:

  • 2 digit awal berisi kode provinsi.
  • 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten.
  • 2 digit berikutnya adalah kode kecamatan.
  • 6 digit sesudahnya menunjukkan tanggal lahir dengan format penulisan HHBBTT (2 digit tanggal lahir, 2 digit bulan lahir, 2 digit terakhir tahun lahir). Untuk wanita, NIK tanggal ditambah 40.
  • 4 digit terakhir adalah nomor urut orang dengan tanggal kelahiran yang sama dalam 1 kecamatan, dimulai dari 0001.

Cara Cari NIK dari Nama

cara-cari-NIK-berdasarkan-nama

Berikut ini adalah beberapa cara mencari NIK menggunakan nama. Perhatikan langkah-langkahnya, Ladies.

1. Via Email

NIK KTP dapat kamu cari secara online. Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) akan melayani dengan baik jika Ladies mengirim email dengan format sebagai berikut.

  • Ketik #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon#Keluhan di body email.
  • Lalu kirim ke di [email protected].
  • Tunggu beberapa saat agar email dibalas.

2. Via WhatsApp

Selain lewat email, Ladies juga bisa mencari NIK dengan lebih praktis. Kamu bisa cek keaslian NIK KTP melalui aplikasi chat WhatsApp ke nomor Dukcapil pusat. Adapun format pesannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan chat ke nomor 0813-2691-2479.
  • Ketik nama lengkap kamu sesuai KTP.
  • Kemudian ketik NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Lalu kirim.

3. Via Call Center

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengecek keaslian identitas seseorang adalah menelepon hotline Disdukcapil di nomor 1500-537. Yang perlu disiapkan adalah pulsa karena layanan ini dikenakan pulsa, lalu ikuti petunjuk operator.

Atas dasar menjaga privasi, Disdukcapil tak lagi menyediakan website yang dapat kita akses untuk mengecek data diri seseorang. Oleh karena itu, lakukan tiga cara di atas ini aja ya, Ladies! Saat penipu makin lihai, kita harus lebih pandai!

Baca Juga:

Yuk Ketahui Fakta Menarik Ukuran KTP Indonesia

Wajib Tahu! Cara Mudah Validasi NIK KTP Cukup dari Rumah

Cara Cetak Kartu BPJS Secara Online, Mudah dan Nggak Pakai Ribet