Ingin Resign? Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Profesional

0
257

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Saat kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan, pasti akan ada banyak pertimbangan dan persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya memikirkan cara agar tetap memiliki hubungan baik dengan perusahaan. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Berikut ini, ada penjelasan mengenai cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Hal ini penting untuk disimak karena mengundurkan diri tidak bisa sembarangan Ladies. Jadi, langsung disimak yuk!

Manfaat Surat Pengunduran Diri

cara membuat surat pengunduran diri

1. Memperlihatkan sikap profesionalisme

Salah satu sikap yang sangat dijunjung dalam dunia kerja adalah sikap profesional. Untuk itu, setiap orang perlu menanamkan sikap ini di mana pun mereka bekerja.

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh setiap karyawannya. Jadi, kita tidak bisa sembarangan untuk keluar dari perusahaan tanpa adanya pemberitahuan atau meninggalkan sepatah kata pun. Oleh karena itu, surat pengunduran diri penting agar kita bisa tetap terlihat profesional dan menghargai kebijakan perusahaan.

2. Memberikan perusahan waktu untuk mencari pengganti posisi kita

Surat pengunduran diri tidak hanya bermanfaat untuk kita sebagai karyawan, tetapi juga untuk perusahaan. Dengan adanya surat ini, perusahaan akan diberikan persiapan waktu untuk mencari pengganti posisi kita sebelum kita benar-benar resign dari perusahaan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuat Surat Pengunduran Diri

cara membuat surat pengunduran diri

Meskipun pada akhirnya kita akan pergi dari perusahaan, tetapi penting untuk tetap meninggalkan kesan dan menjalin hubungan yang baik. Untuk itu, berikut ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri.

  • Sebutkan alasan logis dari pengunduran diri.
  • Gunakan kalimat yang sopan dan tidak menyinggung siapapun.
  • Ucapkan rasa terima kasih atas semua hal yang diberikan.
  • Jangan lupa juga untuk mengucapkan kata “maaf”.
  • Hindari hal-hal yang bisa memancing permusuhan, seperti membandingkan perusahaan lama tempat Ladies bekerja dengan perusahaan baru yang akan ditempati.

Struktur Surat Pengunduran Diri

cara membuat surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri memiliki beberapa struktur yang harus ada di dalamnya, di antaranya berikut ini.

1. Bagian Header

Surat pengunduran diri hampir serupa dengan surat lamaran kerja. Diawali dengan bagian header yang memuat tanggal pembuatan surat, serta informasi kontak Ladies dan atasan Ladies di perusahaan.

2. Salam pembuka

Salah satu bagian yang tampaknya terlihat sepele tetapi penggunaannya cukup penting adalah salam. Adanya salam ini menunjukkan sikap sopan santun kita kepada orang yang dituju. Ladies bisa langsung menyebut “Yth. Bapak/Ibu”.

3. Paragraf isi

Di bagian ini, Ladies bisa langsung menyebutkan apa tujuan dibalik pembuatan surat tersebut, yaitu untuk mengundurkan diri. Tentunya dilakukan dengan bahasa yang sopan, ya.

Jika memungkinkan, Ladies bisa sebutkan apa alasan Ladies ingin mengundurkan diri. Selain itu, informasikan bahwa Ladies bersedia membantu peralihan tugas kepada karyawan baru pengganti Ladies

Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih atas semua pengalaman dan kesempatan yang diberikan. Ladies juga bisa membagikan momen-momen baik yang didapatkan dari bekerja di sana.

4. Penutup

Bagian ini berisi keterangan penutup. Selain itu, jangan lupa sertakan nama jelas Ladies juga, ya.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 30 Juni 2021

 

Yth. Pimpinan

PT Sukses Makmur

Jakarta Utara

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Putri Kusuma

Alamat : Jl. Kedasih 10 No. 21

Jabatan : Staff Accounting

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan perusahaan Bapak, terhitung sejak 1 Agustus 2021.

Pengunduran diri ini sudah saya pertimbangkan atas dasar berbagai hal. Saya ingin untuk mengembangkan bisnis bersama rekan saya, sehingga waktu yang saya miliki saat ini tidak memungkinkan untuk menjalankan bisnis dan bekerja secara bersamaan.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih atas berbagai pengalaman dan kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan Bapak. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan Bapak dan rekan-rekan kerja sekalian. 

Di samping itu, saya juga ingin mengucapkan maaf karena tidak bisa lagi bergabung dengan perusahaan ini. Dan juga maaf atas segala kesalahan yang saya lakukan baik disengaja atau tidak.

Demikianlah surat pengunduran diri ini dibuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Putri Kusuma 

Itulah tadi beberapa hal mengenai cara membuat surat pengunduran diri. Semoga bermanfaat Ladies!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Sunscreen Terjangkau untuk Kulit Berjerawat, di Bawah Rp100 Ribu!

Warna Kulit Selangkangan Gelap? Coba 6 Bahan Alami Di Dapur yang Ampuh Memutihkan Kulit

Ini 5 Fakta Tentang Bridal Shower yang Perlu Ladies Ketahui!