Infused Water: Kenali Manfaat dan Cara Membuatnya, Baik untuk Tubuh

0
39

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Infused water adalah air yang memiliki rasa buah, sayur, atau rempah-rempah segar. Rasa tersebut didapat dari buah-buahan, sayur, atau rempah-rempah yang didiamkan semalaman. Meskipun memiliki rasa yang enak, infused water mengandung sedikit kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet, Ladies.  

Selain itu, minuman ini mengandung banyak manfaat karena terbuat adari bahan-bahan alami tanpa pemanis tambahan. Tidak hanya itu, minuman ini bahkan diklaim mampu menurunkan berat badan hingga membantu proses detoks di dalam tubuh. So, penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak artikel ini sampai habis, Ladies.

1. Infused Water Lemon

Infused-Water

Buah lemon memiliki rasa segar dengan sejuta khasiat di dalamnya. Hal ini karena buah lmemon mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Tidak hanya itu, lemon juga mengandung potasium yang mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tubuh. Jadi, infused water lemon ini baik dikonsumsi untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Cara membuatnya cukup mudah dan ekonomis, loh. Kita hanya perlu menyiapkan dua buah lemon dan segelas air matang. Lemon diuci terlebih dahulu hingga bersih, kemudian iris tipis-tipis. Selanjutnya, masukkan ke dalam air dan diamkan beberapa saat sebelum dikonsumsi.

2. Infused Water Apel dan Kayu Manis

infused-water

Infused water dariapel dan kayu manis dinilai mampu meningkatkan metabolisme sekaligus menurunkan berat badan. Buah apel kaya akan antioksidan, falvonoid, vitamin C, dan vitamin B kompleks yang bagus untuk sel-sel tubuh. Sedangkan kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes, dan juga meredakan nyeri dalam tubuh. 

Untuk membuat minuman ini, kita hanya perlu menyiapkan irisan 1 buah apel fuji dan 1 batang kayu manis. Kemudian rebus kayu manis dalam air hingga mendidih lalu diamkan hingga dingin. Campurkan air kayu manis dengan irisan apel fuji lalu diamkan hingga beberapa saat. 

3. Infused Water Mangga dan Jahe

infused-water

Infused water dari campuran dua bahan ini membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga meredakan rasa sakit seperti nyeri menstruasi dan migran. Hal ini karena buah mangga kaya akan serat dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan pencernaan. 

Untuk membuat minuman ini, kita hanya perlu menyiapkan 1 ruas jahe dan potongan buah mangga. Kupas dan diiris buah mangga dan jahe menjadi potongan kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam 2 liter air. 

4. Infused Water Strawberry dan Jeruk Nipis

infused-water

Campuran infused water dari strawberry dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Minuman ini bahkan mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dengan menyegarkan. Kombinasi kedua buah tersebut membantu menurunkan berat badan dengan maksimal. 

Untuk pembuatannya pun termasuk praktis, kita hanya perlu memasukkan irisan jeruk nipis dan strawberry ke dalam air putih.  Selanjutnya, saring ampas buah dan infused water siap dikonsumsi.

5. Infused Water Lemon dan Mentimun

infused-water

Minuman ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan membantu mendetoksifikasi tubuh dengan baik. Selain itu, minuman rasanya yang sangat nikmat dan menyegarkan, sehingga cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Untuk membuat minuman ini, kita hanya perlu menyiapkan setengah buah lemon yang sudah diiris tipis-tipis. Campurkan dengan seperempat mentimun yang sudah diiris pula dalam wadah berisi air. 

Itulah lima resep dan manfaat infused water yang perlu kamu tahu. Semoga dengan resep ini mampu merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat, Ladies.

Baca Juga:

5 Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Diabetes

Ketahui Manfaat dan Titik Pijat Refleksi Kaki, Bikin Badan Rileks

5 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui