Hindari! Ini 7 Ciri-Ciri Lipstik yang Mengandung Bahan Berbahaya

0
340

Penulis: Melania | Editor: Agnes

Sebagai wanita, biasanya kita menggunakan pewarna bibir atau lipstik sebagai salah satu alat make up untuk mempercantik diri. Namun sayangnya, tidak semua lipstik memiliki kandungan yang aman bahkan beberapa ditemukan mengandung zat-zat berbahaya.

Perlu diketahui pula, bibir merupakan bagian tubuh yang sensitif dan mudah menyerap kandungan produk karena lapisan kulitnya yang tipis. Tidak ada rambut atau kelenjar keringat, sehingga bibir tidak memiliki pertahanan alami seperti beberapa bagian tubuh lainnya.

Tentunya, akan sangat berbahaya jika kita menggunakan lipstik dengan kandungan yang tidak aman. Jadi  Ladies wajib mengetahui ciri-ciri lipstik berbahaya berikut ini agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan, ya!

1. Tidak ada sertifikasi dari BPOM

ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahay

Produk yang aman di Indonesia pada dasarnya adalah produk yang memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika suatu produk tidak mencantumkan label atau izin dari BPOM, kita perlu cek lebih lanjut. Ladies juga bisa memastikan izin produk tersebut di website ini, cekbpom.pom.go.id.

2. Terdapat komposisi kandungan berbahaya

ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahay

Hampir sama seperti saat kita membeli produk lain, kita juga perlu memperhatikan komposisi dari produk lipstik. Beberapa kandungan yang berbahaya pada lipstik dan bisa Ladies cari tahu keamanannya seperti methylparaben, polyparaben, retinyl palmitate, hingga tocopheryl acetate. Kandungan-kandungan ini mungkin bisa berpengaruh buruk khususnya untuk ibu hamil yang perlu perhatian khusus terkait perawatan tubuh.

3. Kemasannya polos dan tidak ada penjelasan komposisi

ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahay

Lalu, bagaimana jika kemasan lipstik yang dibeli polos bahkan tidak mencantumkan komposisi? Kita perlu ekstra waspada karena produk ini mungkin saja produk ilegal berbahaya. Sebuah produk umumnya mencantumkan secara jelas merek, komposisi, masa kadaluarsa, serta produsennya.

4. Sudah kadaluarsa

ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahay

Meskipun lipstik lama Ladies tidak berbau, tidak berubah tekstur menjadi lembek, dan warnanya masih bagus, jangan gunakan kembali apabila sudah kadaluarsa. Lipstik yang sudah kadaluarsa bisa jadi mengandung bakteri yang berbahaya. Hal ini akan menimbulkan alergi pada bibir bahkan bahaya kesehatan permanen.

5. Muncul iritasi atau efek samping pada bibir

  ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahay

Biasanya, tubuh akan memberikan tanda-tanda jika kita menggunakan produk yang memiliki kandungan berbahaya. Hal ini bisa dilihat dari bibir yang terasa gatal hingga timbulnya iritasi yang tidak nyaman. Jika Ladies mengalami efek samping setelah menggunakan sebuah produk lipstik, sebaiknya dihentikan dan hindari penggunaannya atau konsultasi dengan dokter kulit tepercaya.

6. Aromanya yang kuat

ciri-ciri lipstik yang mengandung bahan berbahaya

Produk termasuk lipstik yang mengandung bahan berbahaya mungkin saja memiliki ciri yaitu aromanya yang kuat bahkan menyengat. Hal ini terjadi karena beberapa kandungan berbahaya memiliki bau yang khas. Sehingga, produsen akan menutupinya dengan pewangi untuk menyamarkan baunya.

7. Promosi terlalu spektakuler

Terakhir, Ladies juga bisa lebih berhati-hati dengan produk yang menawarkan manfaat dan khasiat luar biasa dari lipstik-lipstik pada umumnya. Perhatikan penjelasannya dan hindari hasil yang instan karena bisa saja produsen menggunakan bahan yang tidak aman untuk hal ini. Pastikan promosi yang spektakuler ini tetap masuk akal dan terjamin keamanannya.

Setelah membaca beberapa ciri-ciri di atas, Ladies bisa lebih hati-hati dan menghindari lipstik dengan kandungan yang berbahaya bagi bibir bahkan tubuh. Kita tetap bisa kok tampil cantik tanpa perlu membahayakan diri sendiri.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Memutihkan Kulit Badan 

Dijamin Bikin Baper! Ini Rekomendasi 10 Film Romantis Terbaik

Ketahui Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam Bagi Kesehatan Tubuh