Hati-Hati! Kenali Penyebab dan Gejala Sipilis pada Pria

0
39

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sipilis merupakan salah satu penyakit kelamin yang mudah menular. Pada pria sipilis lazim disebut penyakit raja singa yang memiliki gejala tersendiri. Penyakit sipilis sebenarnya rentan menyerang pria yang suka bergonta-ganti pasangan dalam seks.

Sebenarnya seberapa bahaya penyakit sipilis ini? Agar lebih memahaminya, mari kita simak sama-sama pengertian serta gejala yang menyertai sipilis. Dengan begitu, kita bisa lebih hati-hati, Ladies.

Pengertian Sipilis

gejala-sipilis-pada-pria

Sipilis adalah jenis penyakit seksual menular dan disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Orang yang terkena sipilis biasanya punya luka di area kelamin, tetapi tidak terasa sakit. Bahkan, ada juga orang yang tidak sadar sudah mengalami sipilis ini, loh.

Jika sudah terinfeksi sipilis, penyakit ini mudah menular meski rasa sakitnya belum dirasakan. Penyakit ini umumnya menjangkit 60% pria yang aktif  berhubungan seksual. Jika dibiarkan terus-menerus, sipilis dapat membahayakan manusia mulai dari gangguan saraf hingga kematian. Wah, bahaya banget kan?

Gejala Sipilis

gejala-sipilis-pada-pria

Perlu Ladies ketahui kalau penularan sipilis dapat terjadi saat berhubungan seks. Area yang terkena sentuhan atau gesekan akan mengalami luka, sehingga membuat bakteri sipilis musah berpindah ke orang lain. Pada pria, gejala sipilis dapat ditunjukkan melalui empat fase berikut ini.

  • Primer

Pada fase ini muncul luka pada area yang terinfeksi bakteri. Bentuk luka yang terinfeksi adalah linkgaran dan biasanya biasanya tidak terasa sakit. Luka ini bertahan selama satu hingga dua bulan. Oleh karena tidak menimbulkan nyeri, banyak orang yang tidak menyadari kalau sudah terinfeksi bakteri sipilis. 

  • Sekunder

Luka pada fase pertama akan semakin parah menuju fase sekunder. Pada fase ini luka ditandai dengan ruam pada area tertentu, demam, rambut rontok, sakit kepala, dan lain-lain.

  • Laten

Selanjutnya adalah fase laten yang patut diwaspadai. Fase ini disebut juga dengan hidden stage karena tidak ada gejala khusus yang menyertai.

Banyak orang menyangka bahwa mereka sudah sembuh dari sipilis, padahal bakteri masih bersarang di dalam tubuh dan semakin menyebar. Fase ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun, jika penderita tidak menyadari dan tidak berobat, kondisi ini akan segera masuk ke fase terakhir.

  • Tersier

Saat di fase ini, penderita sipilis mulai merasakan komplikasi yang ditandai dengan munculnya penyakit lain. Di tahap inilah penyakit sipilis sangat mudah menular dan membahayakan penderita bahkan orang yang tertular.

Ciri-Ciri dan Penyebab Sipilis Pada Pria

gejala-sipilis-pada-pria

Seorang pria yang terkena sipilis biasanya memiliki ciri-ciri yang dapat disadari. Adapun beberapa gejalanya yaitu: 

  • Nyeri saat berhubungan intim.
  • Rasa sakit ketika buang air kecil.
  • Muncul luka berwarna merah cenderung kuning di area kelamin tanpa adanya rasa sakit.
  • Keluarnya cairan atau kotoran dari penis.

Setelah mengetahui ciri-ciri sipilis, penting juga untuk mengetahui penyebab sipilis. Berikut ini beberapa faktor penyebab sipilis pada pria, meliputi:

  • Memiliki ibu penderita sipilis.
  • Melakukan hubungan seks dengan penderita sipilis.
  • Tidak memakai kondom saat berhubungan intim (terutama yang berganti-ganti pasangan).
  • Melkukan seks dengan berganti pasangan.

Pencegahan Sipilis

gejala-sipilis-pada-pria

Dari data yang ada, pria jauh lebih rentan terkena sipilis. Sebenarnya ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan. Hal ini wajib dicatat baik itu bagi pria maupun wanita agar tidak menularkan penyakit ini ke pasangan. Adapun beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan yaitu:

  • Tidak bergonta-ganti pasangan.
  • Menggunakan kondom untuk menjaga keamanan.
  • Tidak memakai sex toys milik orang lain.
  • Rutin melakukan screening sipilis jika punya risiko tinggi mengalami penyakit ini.

Sipilis sebenarnya dapat disembuhkan dengan pengobatan dari dokter. Selama proses pengobatan, pria dilarang menjalani hubungan intim dalam rentang waktu tertentu. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dapat terkena sipilis lagi jika benar-benar tidak menjaga diri.

Menjalani seks aman dengan satu pasangan adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit sipilis. So, wajib banget untuk mengetahui gejala sipilis agar kamu atau pasangan bisa mencegah atau mendapatkan penanganan dokter dengat tepat. So, be careful, Ladies!

Baca Juga:

7 Cara Merawat Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Wajib Dicatat!

5 Manfaat Terong Ungu dari Sisi Medis, Menyehatkan Tubuh

Keputihan Organ Intim: Ketahui Penyebab, Ciri-ciri, dan Mengatasinya