Hati-Hati! 5 Penyebab Telinga Berdengung yang Wajib Diwaspadai

0
126

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Telinga berdengung kerap menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Suara dengungan pada telinga yang tak kunjung berhenti dapat membuat kepala kita ikutan sakit, Ladies. Buat sebagian orang, kondisi juga memicu kecemasan yang cukup panjang.

Lalu, apa sih penyebab dari telinga berdengung ini? Dari sisi medis, berikut ini ada beberapa hal yang menjadi asal-muasal munculnya dengungan pada telinga. Kita simak sama-sama yuk!

1. Terus-Menerus Mendengar Suara Keras

Orang-orang yang terbiasa bekerja di kondisi tempat yang bising rentan mengalami telinga berdengung. Suara keras yang didengar terus-menerus dan terlalu sering dapat menjadi penyebab kerusakan pada telinga, terutama di koklea telinga bagian dalam, Ladies,

Kondisi telinga yang berdengung akan terus memburuk jika berada di tempat sepi. Suara dengungnya dapat mengganggu, bahkan membuat sakit kepala, loh. Oleh sebab itu, orang-orang yang bekerja di suasana bising sebaiknya selalu memakai earplug demi menjaga ksehatan telinga.

2. Sumbatan Kotoran dan Infeksi pada Telinga

Ada kalanya telinga berdesing lantaran terlalu banyak kotoran yang menyumbat saluran telinga. Penyumbat tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari cairan, kotoran, atau benda asing lain. Adanya sumbatan membuat kondisi tekanan pada telinga tidak seimbang sehingga menimbulkan dengungan pada telinga.

Selain itu, infeksi pada telinga juga patut diwaspadai. Hal ini jadi penyebab paling umum dari telinga berdesing. Hanya saja, infeksi semacam ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya asalkan langsung ditangani dokter.

3. Penggunaan Obat Tertentu

Dilansir dari HelloSehat, penggunaan obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab suara dengung di telinga. Makin tinggi dosis obat yang diminum, kian besar pula kemungkinan munculnya suara berdesing.

Beberapa obat juga berpotensi membuat telinga berdesing antara lain antiinflamasi nonsteroid (NSAID), antibiotik, obat kanker, pil diuretik, antimalaria, dan antidepresan. Jika kita sedang mengonsumsi obat-obat tersebut, ada baiknya konsultasikan juga efeknya ke dokter. Apalagi jika sampai menimbulkan dengung suara mengganggu di pendengaran kita.

4. Adanya Meniere

Kondisi telinga berdengung dapat menjadi awal mula dari gejala penyakit meniere, loh. Meniere merupakan gangguan pada telinga bagian dalam akibat adanya tekanan cairan yang tidak normal. Penyakit ini biasanya hanya menyerang salah satu bagian telinga saja.

Demi menghindari meniere, kita sebaiknya rutin memeriksakan kebersihan dan fungsi telinga ke dokter. Jangan sampai kita sendiri tak sadar mendadak terkena meniere ini. Pada kondisi yang sudah parah, meniere butuh perawatan jangka panjang karena kondisi telinga yang terlanjur rusak.

5. Aterosklerosis

Gaya hidup kurang sehat ternyata dapat berpengaruh ke kondisi telinga kita, Ladies. Aterosklerosis terjadi saat pembuluh darah telinga menyempit akibat adanya penumpukan kolesterol. Hal inilah yang kemudian menyebabkan telinga berdesing terus-menerus dan amat mengganggu.

Saat dengung terus muncul, lama-kelamaan indra pendengaran kehilangan daya elastisitasnya. Aliran darah yang mengalir pun terdengar seperti dengung yang tidak berhenti.

Jika kita mengalami kondisi telinga berdengung cukup lama, ada baiknya kita segera konsultasikan ke dokter. Siapa tahu penyebabnya bukan hanya kotoran, melainkan ada penyakit tertentu di sana.

Baca Juga:

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Wajib Kamu Coba 

Rekomendasi 7 Masker untuk Jerawat, Ampuh Banget Ladies!

Enggak Cuma Enak, Ini Nutrisi dan 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan