Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan

0
55

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, kita sering mendengar ungkapan bahwa mandi di malam hari menimbulkan bahaya. Lalu apakah benar demikian? Ternyata hingga saat ini pendapat tersebut belum dapat dibuktikan sepenuhnya. Namun, bukan berarti kebiasaan mandi malam disarankan untuk dilakukan setiap hari ya, Ladies.

Untuk orang dengan kondisi tertentu, apalagi memiliki riwayat penyakit, ada baiknya tidak terlalu sering mandi malam. Nah, berikut ini beberapa bahaya dan risiko mandi saat malam yang mesti Ladies tahu. Simak dan scroll sampai habis, ya!

1. Rentan Menyebabkan Flu

bahaya-Mandi-di-Malam-Hari

Dari penelitian yang dilakukan oleh Yale University pada tahun 2015, disebutkan bahwa virus virus pada rongga hidung dingin berpotensi menimbulkan penyakit influenza. Nah, faktanya virus lebih mudah berkembang biak pada pada kondisi dingin.

Itu sebabnya pendapat mandi di malam hari menyebabkan masuk angin atau flu ada benarnya. Kebiasaan mandi terlalu larut malam rentan menimbulkan flu sehingga seseorang lebih mudah sakit.

2. Memperparah Rematik

bahaya-Mandi-di-Malam-Hari

Untuk orang dengan riwayat penyakit rematik, mandi di malam hari jelas berbahaya, Ladies. Rematik adalah kondisi autoimun dengan gejala pembengkakan pada daerah sendi, terutama jari tangan dan kaki. Gejala rematik dapat lebih parah jika terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Nah, ternyata suhu yang terlalu dingin dapat memicu munculnya rematik. Oleh sebab itu, daripada penyakit rematik kambuh atau tambah parah, hindari kebiasaan mandi di malam hari ya. Demi menjaga kesehatan badan, ada baiknya gunakan air hangat jika terpaksa harus mandi di malam hari.

3. Risiko Terjadinya Hipotermia

bahaya-Mandi-di-Malam-Hari

Orang dengan golongan usia tertentu, seperti bayi, anak-anak, dan lansia tidak disarankan mandi di malam hari. Pasalnya, orang-orang tersebut berisiko mengalami hipotermia, loh. Hipotermia terjadi saat suhu tubuh berada di bawah 35 derajat celcius karena kondisi yang dingin, basah, serta lembap.

Seperti kita tahu, kondisi di malam hari tentu jauh lebih dingin dan lembap. Inilah yang dapat menjadi pemicu hipotermia bagi beberapa orang, apalagi kalau kondisi fisik sedang kurang fit.

4. Otot Menjadi Kaku

bahaya-Mandi-di-Malam-Hari

Meski bukan penderita rematik, orang yang punya kebiasaan mandi di malam hari dapat mengalami kekakuan otot. Guyuran air dingin di malam hari dapat menyebabkan suhu inti tubuh menurun. Alhasil, sirkulasi darah darah pun ikut menurun.

Nah, menurunnya sirkulasi darah menyebabkan otot-otot menjadi lebih tegang dan kaku. Badan pun terasa kurang nyaman akibat kekakuan otot ini. Jadi, sebaiknya hindari terlalu sering mandi di malam hari ya, Ladies.

5. Pemicu Asma Kambuh

bahaya-Mandi-di-Malam-Hari

Bagi penderita asma, jangan biasakan mandi di malam hari, ya. Perubahan suhu yang tiba-tiba menjadi lebih dingin rentan memicu kambuhnya asma. Saluran pernapasan pun menjadi sedikit terganggu.

Tidak hanya penderita asma saja, orang dengan riwayat sakit pernapasan lain juga sebaiknya menghindari mandi di malam hari. Apalagi kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kondisi saluran pernapasan rentan terkena peradangan.

Terkadang jam pulang kerja yang terlalu larut memang memaksa kita untuk mandi malam. Namun, ada baiknya frekuensi kebiasaan ini kita kurangi Ladies. Untuk menghindari risiko, Ladies dapat mandi dengan air hangat saat malah hari.

Baca Juga:

Bagaimana Ukuran Penis Normal dari Segi Ilmu Kesehatan?

Ketahui 5 Manfaat Daun Sungkai, Beneran Ampuh buat Mencegah COVID?

Inilah 9 Manfaat Mengonsumsi Sari Kunyit untuk Kesehatan