Hadist Tentang Sabar Menurut Islam, Ketahui Keutamaannya

0
77

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Pasti Ladies sering dengar ungkapan kalau “orang sabar disayang Allah”? Ungkapan itu memang benar adanya loh. Sebab, Allah sendiri sudah memerintahkan umatnya untuk memiliki sifat ini melalui firmannya dalam Al-Quran atau pun dalam hadist.

Sabar tidak hanya membuat kita menjadi makhluk kesayangan Allah, tetapi ada juda mendatangkan manfaat dan keutamaan lainnya. Berikut ini ada sejumlah hadist tentang kesabaran dan keutamaan berlaku sabar.

1. Sikap sabar disukai Allah SWT

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Allah menyukai orang-orang yang sabar dan selalu bersama mereka. Seperti yang digambarkan dalam hadist berikut:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا}.

Artinya: “Jika sabar itu seorang laki-laki, niscaya ia adalah orang yang pemurah dan Allah menyukai orang-orang yang sabar,” (HR At Thabrani).

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

Artinya: “Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR Bukhari No 1469).

2. Sabar bisa memberikan kita keselamatan

Sifat sabar sejatinya bisa memberikan kita keselamatan, seperti hadist berikut:

وقال عليه الصلاة والسلام: {الصَّبْر وَصِيَّةٌ مِنْ وَصَايَا الله تَعَالى في أَرْضَهِ، مَنْ حَفِظَهَا نَجَا، وَمَنْ ضَيَّعَهَا هَلَكَ}. 

 

Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sabar itu salah satu wasiat dari beberapa wasiat Allah ta’ala di bumi, barangsiapa menjaganya maka dia selamat dan barang siapa menyia-nyiakannya maka dia celaka.”

3. Sabar membuat kita jauh dari kemungkaran

Perbuatan munkar adalah salah satu sifat buruk yang berarti seseorang melanggar larangan Allah. Salah satu keutamaan dari sabar adalah bisa menjauhkan kita dari sifat buruk ini. Seperti disebutkan dalam hadist berikut:

Dari Ibnu Abbas radliallahu anhuma tatkala turun ayat: ‘Jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir…’(Surat Al Anfal: 65). Maka diwajibkan kepada mereka tidak ada seorang pun yang lari dari sepuluh orang.

4. Sabar ganjarannya adalah surga Allah SWT

Tidak hanya menyukai orang yang sabar, Allah juga menjanjikan surga kepada mereka yang melakukannya. Hal ini tertuang dalam hadist berikut:

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: ‘Allah Ta’ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga.'” (HR. Bukhari) [ No. 6424 Fathul Bari] Shahih.

5. Sabar mendapatkan taufik

Dalam sebuah hadis, Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: “Sabar itu ada empat: sabar dalam menjalankan fardhu, sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia dan sabar dalam kefakiran. Sabar dalam menjalankan kewajiban adalah taufik, sabar dalam menghadapi musibah berpahala, sabar dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta dan sabar dalam kefakiran adalah ridlo Allah SWT ta’ala.”

Itulah kumpulan hadist tentang kesabaran dan keutamaan berlaku sabar. Semoga kita semua senantiasa bisa menjalankannya dan dicintai Allah ya Ladies!

Baca Juga:

Ketahui 8 Keutamaan Sholat Witir dalam Ajaran Islam

Pengertian dan Hadis Tentang Wanita Salihah dalam Islam

Kumpulan Hadis Tentang Kebersihan Islam dan Artinya