Pengertian dan Hadis Tentang Wanita Salihah dalam Islam

0
157

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Wanita memiliki kedudukan yang istimewa dalam Islam. Bahkan dalam Al-qur’an terdapat surah An-Nisa’ yang memiliki arti wanita. Sebagian besar isi surahnya membahas seputar wanita dan salah satunya, tentang pengertian wanita salihah.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa wanita salihah memiliki sifat menjaga ketaatannya kepada Allah SWT. Apabila dia sudah menikah maka dia menjaga pula ketaatan kepada suaminya, wanita salihah juga menjaga kehormatan dirinya dan yang terakhir dia memiliki sifat amanah (yang dapat dipercaya).

Selain itu, beberapa hadis pun membahas tentang wanita salihah dan kedudukannya di dalam Islam. Yuk, kita ketahui lebih jauh hadis-hadis tentang wanita.

1. Wanita Salihah Sebaik-baiknya Perhiasan Dunia

Kita tahu bahwa perhiasan itu indah dan berkilau. Islam memandang wanita memiliki keistimewaan dan keindahnnya layaknya perhiasan yang harus dijaga dengan baik. Apalagi sebagai istri, kita tidak hanya menjaga ketaatan pada Allah SWT, tapi juga pada suami kita.  Inilah hadis yang menjelaskan bahwa wanita salihah merupakan sebaik-baiknya perhiasan dunia:


2. Wanita Harus Diperlakukan dengan Baik

Wanita harus diperlakukan dengan baik karena fitrahnya yang lemah lembut, sehingga perlu untuk dilindungi oleh kaum pria dan bukannya untuk disakiti. Ada beberapa hadis yang membahas anjuran untuk memperlakukan wanita dengan baik dan sebisa mungkin untuk menjaga wanita, yaitu:

3. Wanita Punya Keistimewaan Pengecualian dalam Ibadah

Salah satu fitrah wanita lainnya yaitu mengalami siklus biologis menstruasi dan melahirkan, sehingga Allah SWT memberikan keringanan dalam ibadah. Misalnya, tidak perlu melaksanakan salat wajib dan tidak perlu meng-qada ibadah shalat. Selain itu, wanita juga tidak perlu berpuasa wajib jika sedang mengalami haid, tetapi wajib menggantinya setelah suci dari hadas, seperti yang dijelaskan sebagai berikut.

4. Jika Istikamah dalam Ketaatan, Allah SWT Menghendaki Wanita Masuk Surga dari Pintu Manapun

Wanita yang istikamah dalam ketaatannya pada perintah Allah SWT dan berbakti kepada suaminya, akan diberi ganjaran masuk ke surga melalui pintu manapun yang diinginkan. Hal tentang ini dibahas dalam hadis berikut ini:

5. Perjuangan Hamil dan Melahirkan yang Dialami Wanita Setara dengan Jihad

Perjuangan wanita dalam hamil dan melahirkan memanglah luar biasa. Wanita mengandung anak di dalam perutnya selama sembilan bulan lalu melahirkan buah hati. Apalagi sampai mempertaruhkan nyawanya sendiri.

Atas dasar itu, Allah SWT memberi ganjaran pada wanita yang berjuang dalam mengandung dan melahirkan setara dengan pahala orang yang berjihad di jalan Allah, seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

6. Allah SWT Meninggikan Derajat Wanita sebagai Ibu

Wanita pun memiliki fitrah untuk mengandung dan melahirkan. Perjuangan wanita tidaklah mudah, sehingga Allah SWT memuliakannya dengan meninggikan derajat wanita sebagai seorang Ibu.

Dalam salah satu hadis dikatakan bahwa Rasulullah menyebutkan kata “Ibu” sebanyak tiga kali saat seorang sahabat bertanya tentang siapa yang pertama kali harus dia memberikan baktinya. Kemudian, baru berbakti kepada Ayah.

7. Wanita Membawa Orang Tua ke Surga

Pada zaman dahulu, bayi perempuan tidak diharapkan dan banyak orang. Padahal anak merupakan karunia yang Allah berikan pada pasangan suami istri, sehingga menjadikan mereka menjadi orang tua. Salah satu hadis menjelaskan bahwa jika orang tua dapat menjaga anak perempuannya, maka Allah SWT akan membawanya ke surganya.

Itulah informasi tentang pengertian wanita salihah dan hadis tentang wanita yang perlu kita ketahui. Yuk, kita semangat belajar menjadi wanita salihah ya, Ladies!

Baca Juga:
Kumpulan Ucapan Bela Sungkawa dalam Islam

Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Penyejuk Hati

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet