Dalil Al-qur’an dan Hadis Tentang Kejujuran

0
247

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Kejujuran merupakan tindakan atau perkataan yang berdasarkan pada kebenaran. Jujur menjadi salah satu akhlak baik yang harus dimiliki oleh diri kita. Apalagi kejujuran merupakan akhlak baik yang dimiliki Nabi Muhammad SAW hingga diberi gelar Al Amin.

Anjuran tentang bersikap jujur pun dalam firman Allah SWT dalam Al-qur’an dan di banyak hadis. Yuk, kita maknai lebih dalam lagi dalil Al-qur’an dan hadis tentang kejujuran agar terhindar dari sifat tercela yang merugikan.

1. Jujur Salah Satu Tanda Orang yang Bertakwa

Allah SWT memerintahkan kepada orang yang beriman untuk bertakwa dan berkata yang benar. Allah memperbaiki amalan-amalan kita yang masih kurang dan mengampuni dosa-dosa kita jika kita menaati Allah SWT dan para Rasul Allah. Perintah tentang jujur ini dalam Al-qur’an surah Al-Ahzab ayat 70-71 berikut ini.

2. Ketenangan Jiwa Didapatkan dari Kejujuran

Kita pasti bisa merasakan saat kita jujur hati kita merasa jauh lebih tenang. Kita berkata apa adanya sesuai dengan fakta dan kebenaran yang memang terjadi. Sementara jika kita berdusta, kita pasti akan terus mencari-cari alasan-alasan untuk menutupi setiap dusta yang terucap. Oleh karenanya, kejujuran memberikan ketenangan pada jiwa kita, seperti yang tertuang dalam riwayat berikut.

3. Menuai Keberkahan dari Kejujuran

Kita dapat menuai keberkahan dari kejujuran, dalam salah satu hadis berikut ini dicontohkan tentang kejujuran yang terjadi di antara penjual dan pembeli. Jika dalam transaksi keduanya jujur dan berterus terang, maka mereka akan menuai keberkahan atas transaksi yang mereka lakukan.

4. Kejujuran Membimbing pada Kebaikan yang Mengantarkan Pada Surga

Jujur merupakan salah satu akhlak baik yang senantiasa membimbing kita pada kebaikan. Apalagi kebaikan-kebaikan yang kita lakukan akan diganjar pahala oleh Allah SWT, sehingga bukan tidak mungkin hal itu akan mengantarkan kita pula pada surga seperti yang sudah dijelaskan berikut ini.

5. Perintah untuk Menjunjung Kejujuran dalam Berniaga

Kita pasti pernah beberapa kali melihat tayangan di televisi tentang perbuatan-perbuatan curang yang dilakukan oleh pedagang demi meraup banyak keuntungan. Padahal perintah untuk menjunjung kejujuran dalam berniaga sudah Rasulullah contohkan sejak zaman dahulu. Inilah hadis yang membahas tentang perintah untuk menjunjung kejujuran dalam berniaga.

6. Dikumpulkan Bersama Orang-orang yang Baik Karena Kejujuran

Dalam firman Allah SWT, dikatakan orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah akan dikumpulkan pula bersama orang-orang yang baik dan benar. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-qur’an berikut ini.


7. Jujur Menjauhkan Diri dari Sifat Munafik

Munafik adalah salah satu akhlak buruk yang harus kita hindari. Saat kita menjaga kejujuran, maka akan menjauhkan diri kita dari sifat yang tidak terpuji. Ada empat perkara yang harus kita hindari agar dijauhkan dari sifat-sifat munafik, seperti yang sudah dijelaskan dalam dalil berikut.

8. Jujur Menghindarkan dari Neraka

Selain membawa kita pada kebaikan dan mendekatkan kita pada surga, menerapkan jujur sebagai bagian dari keseharian kita juga akan menghindarkan kita dari akhlak tercela yang dapat menjerumuskan kita dalam neraka, sesuai dengan dua hadis berikut ini.

Demikian dalil Al-qur’an dan hadis tentang kejujuran. Mari kita amalkan bersama ya supaya Allah SWT menghindarkan kita dari segala keburukan yang merugikan.  

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Hadis Pendek yang Membuat Hati Tentram

Kumpulan Hadis Tentang Kebersihan Islam dan Artinya