Kumpulan Hadis Tentang Kebersihan Islam dan Artinya

0
425

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Kebersihan merupakan keadaan yang dianggap tidak mengandung noda atau kotoran. Di dalam Islam, kebersihan berarti keadaan yang suci dari segala hadas, baik itu hadas kecil maupun hadas besar. Kebersihan menjadi salah satu hal yang paling penting kita perhatikan sebelum memulai beribadah kepada Allah SWT. 

Berikut ini adalah hadis tentang kebersihan dan kesucian yang harus kita ketahui agar kita semakin semangat untuk menjaga kebersihan diri maupun sekitar kita.

1. Hadis Tentang Pentingnya Kebersihan di dalam Islam

Sebelum beribadah kepada Allah SWT, umat muslim disyaratkan untuk bersuci dan menghadap Allah dalam keadaan yang bersih dari segala hadas. Baik itu bersih badan, pakaian, maupun tempat yang akan digunakan untuk salat. Inilah hadis yang berisi tentang pentingnya kebersihan dan menjaga kebersihan di dalam agama islam:

2. Hadis Tentang Allah Menyukai Kebersihan

Kebersihan menjadi salah satu syarat dalam beribadah kepada Allah SWT, bukan tanpa alasan umat muslim harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya dengan baik. Alasan yang menjadi dasar kita harus selalu menjaga kebersihan karena Allah SWT menyukai kebersihan, hal-hal yang suci, dan juga keindahan. Inilah hadis yang mengatakan bahwa Allah SWT menyukai kebersihan:


3. Hadis Tentang Kebersihan Setengah dari Iman

Sebagai hamba Allah SWT, kita harus menjaga kebersihan dan meningkatkan keimanan kita. Bukan hanya karena Allah menyukai kebersihan, tetapi kebersihan dapat menjadikan amalan ibadah kita jadi lebih sempurna dibandingkan dengan kita menghadap Allah dalam keadaan yang kotor dan tidak suci. Inilah hadis tentang kebersihan setengah dari iman:

4. Hadis Tentang Kebersihan Menggiring Menuju Keimanan

Saat kita menjaga kebersihan diri, tindakan yang kita lakukan itu selain demi menjaga kesehatan juga menggiring kita kepada iman. Inilah hadis tentang kebersihan menggiring menuju keimanan:

5. Hadis Tentang Kebersihan Sebagai Pembuka Salat

Sebelum melaksanakan ibadah salat kita senantiasa dianjurkan untuk bersuci. Inilah hadis tentang kebersihan sebagai kunci yang akan menjadi pembuka salat:

Hadis Tentang Keutamaan Kebersihan dalam Ibadah

Di dalam ibadah kepada Allah SWT penting untuk memperhatikan kesucian diri maupun tempat kita beribadah. Selain itu, saat kita bersedekah pun harus menggunakan harta yang bersih. Kebersihan menjadi hal paling penting agar ibadah dan amal perbuatan yang kita lakukan Allah terima. Inilah hadis tentang keutamaan kebersihan dalam ibadah dan amal perbuatan baik yang kita lakukan:

Hadis Tentang Cara Menjaga Kebersihan Diri

Umat muslim selalu diingatkan tentang pentingnya kebersihan dan dianjurkan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Rasulullah SAW pun mengajarkan cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan diri kita. Inilah hadis tentang cara menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh:

Ada pula hadis tentang anjuran untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggosok gigi. Inilah hadis tentang menjaga kebersihan gigi:

Demikian hadis-hadis tentang kebersihan yang ada di dalam Islam yang penting kita ketahui agar menjadi pengingat sekaligus penyemangat kita dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Apalagi kebersihan dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dalam beribadah.

Baca Juga:

Inilah Doa Sebelum dan Bangun Tidur agar Selalu Dilindungi Allah

Kumpulan Ucapan Pernikahan Simple untuk Pengantin Baru 

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet