6 Hacker Legendaris Indonesia yang Disegani oleh Dunia

0
338

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Hacker adalah seseorang yang dengan sengaja menerobos sistem keamanan IT atau perangkat komputer dengan tujuan tertentu. Ada yang bermaksud baik untuk mengecek kestabilan sistem, ada juga yang bermaksud jahat untuk memperoleh informasi rahasia hingga menjual data pribadi pengguna.

Para hacker ini tidak hanya berasal dari luar negeri, hacker asli Indonesia juga banyak yang ditakuti secara global. Bahkan ada yang menjadi buronan FBI. Baca profil singkat mereka di bawah ya!

1. Jim Geovedi

Hacker Legendaris Indonesia

Wara-wiri di forum hacker internasional, sosok Jim Geovedi punya andil besar dalam peretasan satelit milik beberapa negara, seperti China dan Indonesia. Sosok Jim sekaligus menjadi bukti jika para hacker tidak perlu mengenyam bangku pendidikan yang tinggi, asalkan punya kemauan keras untuk belajar memecahkan serangkaian kode perangkat komputer serta memanipulasinya.

Kabarnya, Jim kini hijrah ke London dan mendirikan sebuah perusahaan bersama rekannya dengan mengembangkan Artificial Intelligence. Keren, ya?

2. Hmei7

Hacker Legendaris Indonesia

Siapa sangka situs IBM pertama kali berhasil diretas oleh hacker asal Indonesia, Hmei7. Menurut kabar burung, Hmei7 adalah hacker yang menempuh bangku perkuliahan di salah satu universitas negeri di Malang, Jawa Timur. Selain IBM, ia juga menumbangkan situs WordPress dan melakukan defacing terhadap kurang lebih 5000 situs hanya dalam 2 hari. Hmei7 pun mendapatkan julukan Master of Mass Defacer.

3. Bio666x

Hacker Legendaris Indonesia

Hacker yang satu ini sempat membuat negeri tetangga, Malaysia dan Singapura geram. Soalnya, pemilik nama asli Yogi Nugraha ini berhasil meretas lalu mematikan jaringan internet di seluruh Malaysia serta menyusup ke sistem jaringan militer Singapura. Kemampuannya dalam meretas tidak didapat dari bangku kuliah, melainkan dari belajar tutorial di Google.

4. Xnuxer

Hacker Legendaris Indonesia

Pemilu 2004 dibuat geger oleh ulah Dani Firmansyah Effendi, pemuda berusia 19 tahun asal Bandung, Jawa Barat. Saat itu, Dani berhasil meretas situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan mengganti seluruh nama partai yang ikut serta dalam pemilu dengan nama buah-buahan. Meskipun cuma “iseng” untuk mengecek keamanan situs KPU, Dani tetap dihukum beberapa bulan penjara.

5. Pak Made

Hacker Legendaris Indonesia

Ladies tahu enggak, jika situs pemerintahan sering di-hack? Di masa Pak SBY dulu saat masih menjabat sebagai presiden, Pak Made didaulat menjadi “pawang” hacker yang iseng ingin membobol situs-situs pemerintah Indonesia.

Pak Made adalah alumni Universitas Indonesia sekaligus STIMIK Gunadarma dan melanjutkan program Magisternya di Edith Cowan University Australia. Pak Made telah berhasil mem-backup server kepresidenan dalam beberapa detik aja.

Padahal sebelumnya sudah digempur oleh serangan hacker lain bernama DDoS. Kabarnya, saatt ini beliau melanjutkan S3 di RVS Bielefeld Jerman, kemudian menjadi pelopor perkembangan Linux di Indonesia.

6. XsvsHacker

Hacker Legendaris Indonesia

Situs Kepresidenan Israel, server Departemen Kepolisian New York (NYPD), dan server game Zynga pernah diretas oleh hacker yang konon berasal dari Indonesia ini pada 2011 silam. FBI pun dikabarkan memasukkan hacker ini ke dalam daftar buruannya. Konon, nama asli peretas ini adalah Sandy Afrian.

Itulah 6 hacker legendaris asal Indonesia yang sempat membuat heboh dunia internasional. Semoga menambah wawasanmu ya, Ladies!

Baca Juga:

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini

8 Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Lucu dan Unik

Lama Ngejomblo? Ini 7 Cara Mengikat Hati Wanita Terampuh!