Inilah 8 Firman Allah SWT Tentang Ujian dan Cobaan untuk Melepas Lelah

0
599

Penulis: Mita | Editor: Agnes 

Di dalam kehidupan, seseorang pasti pernah mengalami kesulitan dan ujian cobaan kesabaran dari Allah SWT. Tidak jarang berbagai kesulitan dan ujian cobaan itu membuat hati bersedih dan terkadang merasa lelah di dalam hidup.

Padahal itu semua tidaklah berlangsung selamanya karena Allah SWT tidak akan pernah memberikan ujian cobaan kepada hamba-Nya yang melebihi batas kemampuan dan kesabaran dari hamba-Nya itu.

Nah, berikut ini adalah 8 firman Allah SWT yang tertulis di dalam Al-Qur’an yang bisa menjadi penguat sekaligus pengingat bagi kita agar senantiasa bersabar dan jangan menyerah saat menghadapi berbagai persoalan di dalam kehidupan:

1. Q.S. Al-Imran: 139

firman allah tentang ujian dan cobaan

Di dalam surah Al-imran ayat 139, Allah SWT ingin mengingatkan kita sebagai hamba-Nya yang beriman untuk tidak merasa lemah dan terus larut di dalam kesedihan. Terlebih sebagai manusia yang beriman kita memiliki derajat yang tinggi sehingga kita pasti bisa mengatasi segala kesulitan dan cobaan hidup yang sedang kita hadapi.

2. Q.S. Al-‘Ankabut: 2-3

firman allah tentang ujian dan cobaan

Kedua ayat dalam surah Al-’Ankabut itu menegaskan bahwa ujian cobaan dari Allah SWT itu merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditolak oleh hamba-Nya. Terlebih ujian itu diberikan pada hamba-Nya yang beriman. Ujian cobaan yang diberikan selama ini menandakan Allah menyayangi hamba-Nya.

3. Q.S. At-Taubah: 129

Di dalam surah At-Taubah ayat 129 ini, Allah SWT memberikan firmannya sebagai berikut:

firman allah tentang ujian dan cobaan

Ayat 129 dalam surah At-Taubah ini menjelaskan bahwa sebagai manusia sekaligus hamba-Nya kita harus senantiasa bertawakal kepada Allah SWT. Selain itu, saat diberikan ujian cobaan kita wajib untuk selalu mengingat Allah SWT sebagai penolong.

4. Q.S. Yusuf: 87

Di dalam ayat ini, Allah SWT memberikan firmannya sebagai berikut:

firman allah tentang ujian dan cobaan

Surah Yusuf ayat 87 ini mengingatkan kita sebagai hamba Allah SWT untuk tidak berputus asa dari rahmat yang Allah berikan. Ujian cobaan juga bagian rahmat dari Allah SWT sehingga kita jangan menyerah dan berputus harapan karena ujian cobaan itu pasti dapat kita hadapi dan lalui dengan baik.

5. Q.S. Al-Baqarah: 216

firman allah tentang ujian dan cobaan

Di dalam ayat ini menjelaskan pada kita untuk tidak terlalu bersedih jika apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Hal ini karena Allah Maha Mengetahui hal-hal yang baik dan yang dibutuhkan oleh hamba-Nya. 

Jadi, jika harapan kita tidak terwujud bukan berarti Allah SWT tidak mengabulkan itu, melainkan Allah memberikan yang baik yang kita butuhkan. Sebab apa yang kita inginkan belum tentu baik untuk kedepannya. 

6. Q.S. Al-Baqarah: 286

Di dalam ayat ini, Allah SWT memberikan firmannya sebagai berikut:

firman allah tentang ujian dan cobaan

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah tidak akan memberikan ujian cobaan kehidupan di luar dari kesanggupan hamba-Nya. Teruslah berbuat kebaikan karena ganjaran yang diberikan sesuai dengan apa yang kita perbuat. 

7. Q.S. Al-Baqarah: 250

Dalam surat Al Baqarah ayat 50, Allah SWT memberikan firmannya sebagai berikut:

firman allah tentang ujian dan cobaan

Ayat ini menjelaskan pada kita bahwa dengan berdoa saat kita menghadapi kesulitan, Allah memberikan kesabaran dan pertolongan.

8. Q.S. Al-Insyirah: 5-8

firman allah tentang ujian dan cobaan

Surah Al-Insyirah ayat 5 sampai 8 ini mengingatkan kita untuk selalu yakin dan percaya bahwa setiap kesulitan yang kita hadapi, Allah SWT memberikan pula kemudahannya. Allah SWT juga mengingatkan kita untuk terus bekerja keras saat kita telah selesai dalam menyelesaikan satu urusan. Allah juga mengingatkan kita untuk hanya berharap pada Allah SWT.

Itulah kumpulan firman Allah SWT untuk menguatkan diri kita dari rasa lelah dan sedih. Semoga setelah membaca dan memahami makna yang terkandung di dalamnya, kita bisa lebih kuat lagi dan tidak mudah putus asa.

Baca Juga:

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islami yang Indah

Beragam Jenis Najis dalam Islam dan Cara Menyucikannya

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki