Jelajahi 5 Rumah Adat Jawa Tengah yang Penuh Filosofi

0
194

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Ladies, selain terkenal akan keindahan candi-candinya, Jawa Tengah juga dikenal sebagai jantungnya budaya Jawa. Salah satu warisan budaya Jawa yang masih eksis hingga saat ini adalah rumah adat Jawa Tengah. Saking eksisnya, desain rumah adat Jawa tengah juga diaplikasikan untuk bangunan modern saat ini loh. Misalnya bangunan perkantoran, hotel maupun restoran atau café kekinian.

Sama seperti beberapa daerah lain di Indonesia, rumah adat Jawa Tengah juga terdiri dari aneka ragam jenis. Rumah adat Jawa Tengah sejalan dengan falsafah hidup suku Jawa, masing-masing rumah adat tersebut juga memiliki nilai filosofis tersendiri.

Penasaran apa saja? Yuk, kepoin 5 filosofi dan jenis rumah adat Jawa Tengan berikut! Jangan sampai ada yang terlewat ya Ladies!

1. Rumah Joglo

Siapa yang tak kenal rumah Joglo? Joglo merupakan rumah adat Jawa yang paling dikenal masyarakat. Namanya berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang berarti dua gunung. Dalam filosofi Jawa, gunung merupakan tempat sakral yang dihuni para dewa.

Kabarnya, dahulu rumah Joglo dibangun untuk kaum elit atau bangsawan Ladies. Dibangun dengan material kayu berkualitas tinggi, sehingga biaya pembuatannya cukup mahal.

Rumah Joglo memiliki 4 saka guru atau tiang utama yang melambangkan kekuatan dari empat penjuru mata angin. Uniknya beberapa Joglo memiliki ruang gedongan yang digunakan sebagai tempat berlindung, tempat beribadah maupun kegiatan sakral lainnya,

Selain dua komponen di atas, rumah adat ini juga memiliki pendhapa, omah njero, paringgitan, senthong tengen, senthong kiwa, senthong tengah, padepokan dan pintu depan yang berjumlah tiga bagian.

 2. Rumah Kampung

Tak kalah populer dengan Joglo, rumah kampung juga merupakan rumah adat Jawa Tengah yang digunakan mayoritas masyarakat. Bedanya rumah ini merupakan tempat tinggal rakyat biasa dan masih ditemukan di area perkampungan.

Layaknya rumah untuk hunian, rumah kampung terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, dapur serta dua teras di bagian depan dan belakang rumah. Atap rumah berbentuk segitiga dengan penghubung berupa “wuwungan” pada sisi samping. Uniknya tiang penyangganya berjumlah kelipatan 4 dengan jumlah paling sedikit 8 tiang.

 3. Rumah Panggang Pe

Bisa dibilang, rumah Panggang Pe merupakan rumah adat Jawa Tengah dengan arsitektur paling sederhana Ladies. Didominasi oleh tiang-tiang dan memiliki empat hingga enam tiang utama (saka guru). Tiang penyangga atap bagian depan rumah lebih pendek daripada bagian belakang rumah.

Rumah Panggang Pe dibuat dari material kayu dan beratap genting. Sebagian besar tidak dicat sehingga didominasi warna coklat serta dilengkapi dengan ukiran rapi pada dindingnya.

Dalam falsafah Jawa, Panggang Pe terdiri dari dua kata yaitu “panggang” dan “ape” yang berarti ‘dijemur’. Hal ini dikarenakan, pada zaman dahulu rumah ini digunakan untuk menjemur komoditas pertanian. Sekarang rumah jenis ini digunakan untuk toko atau warung makan.

 4. Rumah Limasan

Dinamai Limasan karena berbentuk limas dengan empat buah atap. Dua atap berbentuk segitiga sama kaki disebut kejen. Dua lainnya berbentuk jajar genjang dan dinamai bronjong. Salah satu keunikan rumah limasan adalah dindingnya yang terbuat dari bata merah dan tidak dicat. Desain rumah ini dipercaya mampu meredam guncangan gempa.

Menurut buku Pancaran Limasan, atap limas telah ada sejak jaman Mataram Kuno. Buktinya dapat dilihat pada relief Candi Prambanan dan Borobudur. Rumah ini dikenal memiliki filosofi yang erat kaitannya dengan latar spiritual dan estetika.

 5. Rumah Tajug

Ciri khas utama dari rumah Tajug adalah atapnya yang berlapis dan berbentuk bujur sangkar dengan ujung lancip yang dihiasi kubah ramping kecil. Dalam filosofi Jawa, rumah Tajug adalah rumah adat yang digunakan untuk tempat beribadah sehingga tidak boleh dibangun oleh sembarang orang. Salah satu contoh rumah tajug yang masih eksis hingga saat ini adalah Masjid Agung Demak Ladies.

 Itulah 5 filosofi dan jenis rumah adat Jawa Tengah. Bagaimana? Menarik kan Ladies?

Baca Juga:

5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 1 Lantai buat Para Milenial

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

Cara Bikin Kartu Keluarga Online, Mudah Bisa Dilakukan dari Rumah!