Menegangkan! Ini 7 Film Tentang Kecelakaan Pesawat

0
163

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Inspirasi untuk membuat film itu bisa datang dari mana saja, salah satunya mungkin dari kejadian di dunia nyata, seperti misal adanya sebuah tragedi kecelakaan. Nah tidak menutup kemungkinan kalau kejadian itu dituangkan dalam sebuah film tentang kecelakaan pesawat, loh! Seperti halnya beberapa judul film di bawah ini. 

Ada 7 judul film yang menceritakan soal kecelakaan pesawat dan begitu menegangkan. Beberapa di antaranya ada yang memang diangkat dari kisah nyata dan ada yang tidak. Penasaran apa sajakah itu?

1. Alive (1993)

Alive adalah sebuah film drama bertahan hidup biografi Amerika tahun 1993 yang diangkat dari buku Piers Paul Read tahun 1974 yang berjudul Alive: The Story of the Andes Survivors. Mengangkat cerita soal kecelakaan tim rugby Uruguay di atas Penerbangan Angkatan Udara Uruguay 571 ke pegunungan Andes pada 13 Oktober 1972.

Bermula dari sebuah pesawat yang terkoyak setelah menabrak gunung dengan cara meyakinkan. Dalam tragedi tersebut, 29 orang menjadi korban jiwa sedangkan 16 lainnya selamat. Kondisi sangat menyedihkan karena untuk bertahan hidup, korban yang selamat harus memakan jenazah temannya sendiri, Ladies!

2. The Aviator (2004)

Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio (Howard Hughes), Cate Blanchett (Katharine Hepburn) dan Kate Beckinsale (Ava Gardner), The Aviator adalah sebuah film drama biografi epik Amerika 2004 yang menggambarkan kehidupan seorang pelopor penerbangan dan sutradara film Hell’s Angels, Howard Hughes. 

Film ini menggambarkan hidupnya dari tahun 1927 hingga 1947, di mana selama waktu itu Hughes menjadi produser film yang sukses sekaligus tokoh penerbangan, namun di sisi lain ia juga harus tumbuh tidak stabil karena gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang parah.

3. The Grey (2012)

The Grey merupakan film yang mengangkat kisah tentang sekelompok pekerja minyak di Alaska yang semuanya mengejar penerbangan pulang. Saat dalam penerbangan mereka mengalami turbulensi yang buruk, lalu kemudian pesawat jatuh. 

Ada beberapa yang selamat termasuk John Ottway (Liam Neeson) dan mereka bersatu untuk mencoba bertahan dalam kondisi dingin yang keras. 

Akan tetapi, mereka menyadari bahwa ada sekawanan serigala kayu yang mengintai mereka. Mereka memiliki dua pilihan, pertama dapat tinggal di lokasi kecelakaan pesawat tersebut tapi berisiko diserang atau menuju ke beberapa pohon di kejauhan untuk menyelamatkan diri.

4. Red Eye (2005)

Sesuai dengan judulnya, Red Eye merupakan istilah yang digunakan untuk penerbangan malam. Film ini menceritakan tentang pertemuan antara Lisa Reisert (Rachel McAdams), seorang manager hotel dengan seorang pria menyenangkan, Jackson Rippner (Cillian Murphy) yang ternyata di luar dugaannya.

Yap, Lisa tidak mengetahui bahwa Jackson memiliki maksud buruk. Jackson berniat untuk membunuh Charles Keefe, seorang Menteri Keamanan Negara. Dikarekanakan Lisa mengenal Keefe, maka Jackson memanfaatkannya untuk melayangkan niatnya membunuh.

5. Flight (2012)

Film lainnya yang mengangkat kisah tentang kecelakaan pesawat adalah Flight. Mengisahkan tentang seorang pilot pesawat yang juga seorang pecandu alkohol dan narkoba bernama Whip Withaker (Denzel Washington).

Suatu hari, Whip bertugas untuk menerbangkan Pesawat South Jet 227 dari Orlando menuju Atlanta. Dalam perjalanan tersebut, ia mengangkut penumpang berjumlah 96 orang serta 6 orang awak kabin.

Sayangnya, ternyata cuaca saat itu kurang bersahabat sehingga membuat pesawat mengalami guncangan dan turbulence dan menukik ke daratan.

Untungnya, Whip berhasil menyelamatkan semua penumpang, Ladies! Akan tetapi, ia terancam hukuman penjara karena ketahuan mengonsumsi vodka saat penerbangan.

6. Sully (2016)

Film tahun 206 ini merupakan drama biografi yang menceritakan kisah Chesley ‘Sully’ Sullenberger (Tom Hanks) yang melakukan pendaratan darurat US Airways Penerbangan 1549 di Sungai Hudson pada tahun 2009. 

Film Sully sebenarnya sangat sederhana dan tidak berorientasi pada aksi kecelakaan seperti pada film lainnya. Semua penumpang serta awak kabin dalam penerbangan tersebut yang berjumlah 155 orang selamat, dan hanya mengalami luka ringan.

7. The Captain (2017)

The Captain merupakan film tentang kecelakaan pesawat yang diangkat dari kisah nyata tragedi pesawat Sichuan Airlines 8633, 14 Mei 2018.

Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melakukan penerbangan dari Chongqing menuju Lhasa, Tibet. Saat berada di ketinggian 32 ribu kaki, Sichuan Airlines mengalami kondisi darurat yang membuat kaca bagian depan kanan kokpit tiba-tiba pecah. Lalu, semua barang yang ada di sekitar kokpit semuanya melayang, dan kokpitnya put sempat terseret beberapa saat keluar.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan keadaan pesawat yang dikelilingi awan dan badai sehingga radio untuk komunikasi tidak berfungsi.

Itulah tadi 7 judul film tentang kecelakaan pesawat. Sudah dicatat belum Ladies? Jangan sampai dilewatkan, loh!

Baca Juga:
Dijamin Gak Bikin Bosen, Ini 7 Film Terbaik Sepanjang Masa!

5 Rekomendasi Film Melawan Pelecehan Seksual

Seru dan Ngakak! Ini 7 Film Action Komedi Terbaik