7 Film Keluarga Terbaik yang Cocok Dinikmati Saat Weekend

0
241

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Menikmati film bersama keluarga dapat menjadi alternatif kegiatan menarik di akhir pekan. Bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga menciptakan kedekatan antaranggota keluarga. Seru kan kalau bisa menonton film yang dapat dinikmati siapa pun di rumah.

Nah, ini dia rekomendasi film keluarga yang menarik. Film-film ini dijamin menyenangkan dan membuat hati lebih hangat. Pokoknya pas buat keluarga deh!

Petualangan Sherina

Inilah film keluarga Indonesia paling abadi sepanjang masa. Petualangan Sherina membawa angin segar dunia perfilman yang tengah di tahun 2000-an. Apalagi saat itu tontonan keluarga masih sangat kurang sehingga anak-anak tidak punya pilihan film yang tepat.

Dikisahkan Sherina terpaksa pindah ke daerah kabupaten Bandung mengikuti pilihan karier ayahnya yang baru. Meski awalnya sedih, Sherina akhirnya dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Bahkan, dia mesti melakoni petualangan seru bersama Sadam, teman sekelasnya, di libur panjang sekolah. Saking larisnya, film ini masih saja ramai ditonton hingga sekarang loh.

Keluarga Cemara

Film Keluarga Cemara yang rilis tahun 2019 lalu ini merupakan remake dari serial berjudul sama di tahun 90-an. Tampil lebih segar, kemunculan film ini memunculkan nostalgia tersendiri. Kisah keluarga Abah tetap menarik disimak sekaligus membikin terharu di beberapa adegan.

Diceritakan sosok Abah baru saja bangkrut karena ditipu oleh saudara iparnya sendiri. Abah pun terpaksa membawa Emak dan dua anaknya, Euis dan Ara ke kampungnya di daerah Garut. Dengan kehidupan baru sebagai orang biasa, keluarga kecil banyak menghadapi masalah. Semua konflik diceritakan pas tanpa berlebihan dan sangat realistis bagi penonton.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Diangkat dari buku terlaris dengan judul sama, film NKCTHI menjadi referensi film keluarga yang wajib ditonton. Film karya Angga Dwimas Sasongko ini mengisahkan kehidupan keluarga Narendra yang terlihat normal dan baik-baik saja. Namun, masing-masing anggota keluarga menyimpan luka tersembunyi yang jarang dipahami satu sama lain.

Konflik antara si sulung, si tengah, dan si bungsu dalam keluarga ini menjadi poin paling menarik. Tanpa kita sadari, perasaan kita sebagai anak dalam sebuah keluarga terwakili lewat film NKCTHI. Siap-siap bawa tisu ketika menontonnya karena banyak sekali adegan menguras air mata.

Inside Out

Bicara film keluarga rasanya kurang pas jika tak membahas film animasi. Inside Out menjadi tontonan ringan yang kayak dinikmati bersama-sama. Apalagi ini adalah animasi pertama yang cukup blak-blakan bicara tentang emosi dan perasaan manusia yang selama ini kita abaikan.

Kepindahan Riley ke kota baru ternyata menimbulkan kesedihan di dalam dirinya. Padahal, selama ini Riley dikenal sebagai anak aktif dan ceria. Beragam emosi di diri Riley yang bernama Joy, Sadness, Anger, Disgust, dan Fear menambah keseruan cerita ini. Bahkan, tak jarang jadi ikutan menangis.

Coco

Film animasi keluarga yang tak kalah seru ditonton bersama adalah Coco. Jalan cerita film ini bisa dibilang seru dan mengharukan. Apalagi ada cerita tentang “kehilangan” yang termuat di dalamnya.

Miguel, seorang anak laki-laki yang gemar bermain gitar, terjebak di dunia arwah saat Day of Dead (tradisi di Meksiko). Siapa sangka perjalanan Miguel di sana mempertemukannya dengan ayah dari neneknya. Kisah keluarga di dunia dan arwah ini sukses bikin penonton berurai air mata. 

The Boss Baby

Tontonan film keluarga berupa animasi ini aman ditonton oleh anak-anak berusia tujuh tahun ke atas. The Boss Baby mengisahkan seorang bayi yang punya kecerdasan di atas rata-rata bayi seusianya. Bayi cerdas ini pun serta merta merebut semua perhatian orang tua dari seorang anak bernama Tim.

Tim lama-lama meradang karena kehadiran si “boss baby” seakan mengganggu keharmonisan keluarganya. Apalagi tingkah “boss baby” kerap menunjukkan tanda-tanda layaknya orang dewasa. Selain penuh komedi menggelitik, film ini juga mengingatkan kita akan pentingnya kerukunan dalam keluarga.

The Mitchells vs The Machines

Film keluarga selanjutnya ini cocok ditonton anak-anak, tetapi mesti dengan pengawasan orang tua. Dikisahkan seorang ayah bernama Rick Mitchells yang tidak suka putri sulungnya, Katie, hendak mendaftar ke sebuah sekolah film. Seiring berjalannya waktu, Rick akhirnya luluh dan mengijinkan Katie belajar perfilman di California.

Saat dalam perjalanan mengantar Katie, seluruh keluarga Mitchells justru bertemu dengan robot jahat. Keseruan perang melawan robot ini menjadi daya tarik tersendiri. Film ini juga mengajarkan pentingnya memaafkan anggota keluarga yang bersalah tanpa perlu memendam dendam terlalu lama.

Film keluarga mana yang kira-kira paling seru? Sekarang sineas Indonesia juga makin rajin loh membuat film bertema keluarga yang ringan, tapi menyenangkan.

Baca Juga:

Dijamin Seru! Ini 9 Film dan Drama Korea Bertema Sekolah

5 Rekomendasi Film Melawan Pelecehan Seksual

Dijamin Seru! Ini 5 Film Komedi Thailand yang Menghibur