Fenomena Uang Kripto Squid Game: Berawal dari Tren, Berakhir pada Penipuan 

0
64

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes 

Masih ingatkan Ladies dengan Squid Game? Serial dari Korea Selatan yang viral pada September 2021 lalu sempat menyita perhatian publik. Tema yang unik dan alur yang menegangkan membuat serial sembilan episode tersebut jadi favorit banyak orang.

Momen viralnya Squid Game juga dimanfaatkan oleh mereka yang berkutat di dunia cryptocurrency atau uang kripto. Pada 26 Oktober 2021 lalu, uang kripto Squid Game dengan kode SQUID mulai diperdagangkan. Namun, tak butuh waktu lama koin tersebut hilang tanpa jejak. Bagaimana kisahnya?

Melonjak dengan Harga Fantastis dalam Waktu Singkat

Saat pertama kali diperdagangkan, uang kripto SQUID dijual dengan harga 1 sen atau sekitar 0,01 dolar AS atau sekitar Rp 170 per koin. Seminggu setelah itu, harganya melonjak sampai 23 juta persen. Harga yang paling tinggi menyentuh angka 2.861 dolar AS atau sekitar Rp 40 juta.

Sistem Play to Earn

Tak hanya harganya yang fantastis, para investor uang kripto SQUID juga diajak untuk bermain dalam sebuah situs gim daring bernama SquidGame.cash. Serupa dengan permainan Squid Game dalam serialnya, mereka akan bergabung dalam sebuah permainan untuk mendapatkan uang.

Awalnya, mereka harus membeli token untuk bergabung dalam permainan tersebut. Selama bermain, mereka akan mendapat token lebih banyak jika memenangkan permainan itu. Makin banyak tokennya, peluang mereka untuk menang juga akan makin tinggi.

Skema yang Mencurigakan

Meskipun tampak menggiurkan, banyak pengamat keuangan dan uang kripto yang mencurigai uang kripto SQUID. Mereka menaruh perhatian pada situs SquidGame.cash yang terhitung sebagai situs baru karena baru dibuat pada 12 Oktober 2021. Selain itu, situs tersebut juga dipenuhi tulisan dengan kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Tak hanya situs gimnya, dokumen white paper yang dirilis oleh pihak pengembang uang kripto SQUID juga memiliki banyak kesalahan dalam hal penulisan. Para investor pun tak diberi akses untuk berkomentar di akun media sosial pengembang SQUID. Bahkan, situs web penyedia data harga uang kripto, CoinMarketCap, mendapat banyak laporan bahwa investor SQUID tidak bisa menjual koinnya.

Berujung Penipuan

Kecurigaan tersebut akhirnya benar-benar terjadi. Setelah melonjak dengan harga tinggi, harga uang kripto SQUID anjlok sampai Rp 0 pada 1 November 2021. Hal itu disebabkan oleh tindakan rug pull, yaitu penipuan yang dilakukan oleh pengembang uang kripto dengan membuat proyek palsu dan membawa kabur dana yang diperoleh dari investor.

Tak tanggung-tanggung, jumlah uang yang dicuri pengembang uang kripto SQUID mencapai 2,1 juta dolar AS atau sekitar Rp29,9 miliar, loh. Pelakunya pun sampai saat ini belum diketahui. Selain itu, situs SquidGame.cash dan semua akun media sosial pengembang uang kripto SQUID juga menghilang tanpa jejak.

Itu tadi kisah di balik fenomena uang kripto SQUID yang berujung penipuan. Setelah kejadian ini, kita jadi tahu bahwa tak ada keuntungan yang bisa didapatkan dengan instan. Selain itu, semua hal yang viral belum tentu harus kita ikuti.

Baca Juga:

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

Dapatkan Uang Tambahan dengan Usaha Online Tanpa Modal

Ingin Resign? Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Profesional