Suka Memelihara Kucing? Ini Fakta Kucing Kesayanganmu!

0
176

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Kucing adalah salah satu hewan yang paling lazim dipelihara. Tingkah hewan peliharaan yang menggemaskan, membuat kita jatuh hati dan dengan mudah menyayanginya.

Memiliki bulu yang lebat, raut wajah yang lugu, hingga tingkah laku yang unik, ternyata kucing menyimpan fakta-fakta tersembunyi. Jika Ladies termasuk yang suka memelihara kucing, wajib tahu fakta mengenai kucing kesayanganmu.

1. Kucing Buta Warna

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cats International, kucing kesayangan kita hanya bisa melihat warna merah dan hijau. Meskipun tidak dapat membedakan warna lain, penglihatan kucing sangat tajam, bahkan kucing mampu melihat jelas dalam keadaan yang minim cahaya.

2. Waktu Tidur Kucing

Sering melihat kucing kita kerjaannya hanya makan-tidur-makan? Ternyata, kucing memang menghabiskan 70% waktunya dalam sehari untuk tidur. Jadi hal tersebut sangat wajar ya, Ladies!

3. Kucing Rumahan Cenderung Punya Alergi

Menurut Mental Floss, 1 dari 200 kucing rumahan memiliki alergi yang menyebabkan gangguan pada sistem pernafasannya. Alergi tersebut bisa disebabkan oleh manusia. Jadi kalau kucing Ladies bersin-bersin terus, ada baiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab alerginya.

4. Alasan Kucing Menjilati Tubuh

Pernahkah menghitung berapa kali kucing kesayangan menjilati tubuhnya? Pastinya sering ya, karena kucing menjilati tubuhnya selama 30-50% waktunya dalam sehari.

Usut punya usut, menjilati tubuh sendiri membuat kucing kita merasa tenang karena melancarkan peredaran darahnya, mengobati luka, membersihkan tubuhnya, hingga mengurangi bau dari predator atau musuh lainnya.

5. Jumlah Tulang pada Tubuh Kucing

Meskipun bertubuh kecil, rupanya kucing memiliki 244 tulang dalam tubuhnya. Jumlah tersebut lebih banyak dari tulang di tubuh manusia, yang hanya 206 tulang. Uniknya lagi, jantung kucing bisa berdebar 2 hingga 3 kali lebih cepat dari jantung kita. Pantas ya, tiap gendong si mpus, dia kok kayak deg-degan terus.

6. Alasan Kucing Mengeong

Jika kucing Ladies sering mengeong, mungkin ia sedang antusias akan suatu hal atau sedang kesakitan bahkan takut akan sesuatu. Mengeong adalah cara kucing mengajak kita berinteraksi. Jadi kalau kita sering ajak kucing kesayangan ngomong, lama-kelamaan dia bisa merespon ucapan kita.

Kalau sesama kucing, biasanya mereka berinteraksi dengan bau atau menggerakkan ekor. Jadi saat kucing ngeong, itu pasti karena dia mau ngomong sesuatu ke kita!

7. Kucing adalah Hewan Crepuscular

Crepuscular adalah istilah yang menggambarkan seekor hewan yang aktif pada sore hingga dini hari. Itulah mengapa saat malam hingga fajar, kucing kita sangat aktif bahkan seringkali mengganggu kita tidur.

Walaupun sedang di waktu aktifnya, kucing bisa aja kelelahan dan membutuhkan tidur sebentar sekitar 5-10 menit. Tidur ini sering disebut dengan cat nap yang biasa dilakukan kucing untuk mengembalikan energinya. Saat cat nap, kucing kerap kali tidur dengan mata terbuka sebagai pertanda bahwa dia tetap siaga dengan lingkungan sekitarnya.

Setelah mengetahui fakta-fakta menarik tentang kucing kesayangan, jadi makin paham dan sayang, ya? Memelihara hewan itu emang menyita waktu, uang, dan perhatian kita. Tapi semua terbayar lunas saat melihat hewan peliharaan kita sehat.

Baca Juga:

Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

Praktis dan Simple! Ini Fakta dan Metode Tabulampot

7 Jenis Tanaman Apotek Hidup yang Bagus untuk Kesehatan!