Fakta Susu Full Cream dan Efek Samping bagi Kesehatan Tubuh

0
7

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Susu merupakan minuman yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Selain kaya nutrisi, susu sering dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan nikmat. Salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi oleh orang-orang adalah susu full cream. 

Susu full cream memiliki rasa yang lebih gurih dan kental sehingga cocok diminum kapan pun. Susu ini adalah susu UHT yang kandungan lemaknya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya. 

Lantas, apa saja manfaat susu full cream? Apakah aman dikonsumsi setiap hari mengingat kandungan lemaknya yang lebih tinggi? Simak penjelasannya di bawah ini, Ladies!

Baca Juga: Bikin Nikmat! Ini 4 Posisi Seks Ranjang agar Bercinta Tahan Lama

Fakta Susu Full Cream

fakta-dan-efek-samping-susu-full-cream

Susu full cream adalah susu yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan. Oleh sebab itu, susu full cream mengandung kadar lemak yang tinggi, yaitu sekitar 8 gram per gelasnya. Berkat kandungan lemaknya, rasa susu full cream lebih gurih dan legit dibandingkan dengan susu biasa.

Sebenarnya, susu jenis apa pun memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, hingga zat besi. Namun, kadar setiap nutrisinya mungkin sedikit berbeda pada setiap jenis susu yang disebabkan proses pengolahannya.

1. Mampu Meningkatkan Kinerja Otak

Susu full cream membantu meningkatkan fungsi otak terutama pada anak karena mengandung vitamin B. Vitamin tersebut dibutuhkan sel-sel tubuh untuk meningkatkan kinerja otak. Tidak hanya itu, susu mengandung DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan sel-sel otak.

2. Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat

Minum susu juga baik kesehatan tulang, lho. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kepadatan tulang, gigi, saraf, dan otot. Inilah yang membuat susu aman dan cocok dikonsumsi setiap hari, Ladies.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa susu baik untuk menjaga kesehatan jantung. Susu merupakan sumber mineral yaitu potasium dan magnesium. Mineral tersebut dibutuhkan sel-sel tubuh untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca Juga: Jitu Banget! Ini 7 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Efek Samping Susu Full Cream

fakta-dan-efek-samping-susu-full-cream

Meskipun susu full cream kaya akan gizi, tetapi susu ini juga menyebabkan efek samping, lho. Jika diminum secara berlebihan, susu ini membuat tubuh kelebihan lemak jenuh dan berisiko terkena penyakit jantung. 

Susu full cream mengandung lebih banyak lemak jenuh yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Alhasil tubuh kamu berisiko terkena berbagai penyakit, mulai dari obesitas, kolesterol, dan jantung.  

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengonsumsi susu full cream sewajarnya saja. Nah, bagi kamu yang ingin mengonsumsi susu sapi namun tetap aman, kamu bisa mengganti susu full cream dengan susu rendak lemak.

Tidak hanya itu, pastikan kamu tidak memiliki alergi sebelum mengonsumsi susu sapi ya, Ladies. Susu full cream terbuat dari susu sapi yang mengandung laktosa yang rentan menyebabkan alergi. So, kamu perlu berhati-hati saat memilih susu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti susu full cream dengan produk susu yang terbuat dari nabati. Misalnya seperti susu kedelai, susu almond, susu kacang hijau, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan mengenai fakta dan efek samping dari susu full cream. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kamu ya, Ladies. Untuk mendapatkan manfaat sekaligus mencegah dampak buruknya, konsumsi susu sesuai porsinya ya, Ladies.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Vitamin untuk Mengatasi Rambut Rontok