5 Fakta Niacinamide, Apakah Aman untuk Semua Jenis Kulit?

0
147

Penulis: Ester Ajeng | Editor: Agnes

Skincare addict, tentu enggak asing dengan niacinamide dong? Niacinamide adalah salah satu bagian dari molekul vitamin B3. Saat ini, niacinamide sudah banyak terdapat di dalam produk skincare, seperti facial wash, toner, essence, hingga serum.

Sebenarnya, apa sih yang membuat para Ladies tertarik dengan niacinamide? Kemudian, apakah niacinamide aman diaplikasikan ke semua jenis kulit? Mari kita ketahui lima fakta niacinamide berikut ini.

1. Sahabat Kulit Anti-Inflamasi

Fakta Niacinamide

Sifat anti-inflamasi niacinamide menjadi perhatian menarik untuk digunakan pada kondisi kulit yang sedang mengalami peradangan, seperti jerawat. Penelitian yang dilakukan ahli kulit menunjukkan bahwa niacinamide relatif tidak menyebabkan iritasi dibandingkan jenis skincare lainnya. Niacinamide kini berperan sebagai sahabat kulit karena membuat imunitas kulit menguat sehingga kemampuan anti-inflamasi pun meningkat.

2. Jagonya Lawan Kerutan

Fakta Niacinamide

Ladies, tujuan kita menggunakan skincare salah satunya mencegah penuaan dini. Nah, pilihan Ladies sudah tepat apabila selama ini niacinamide selalu ada dalam list skincare routine. Sebab, faktanya niacinamide ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

3. Niacinamide X Kulit Berminyak, Aman?

Fakta Niacinamide

Selain dapat menghidrasi kulit wajah, niacinamide juga membuat produksi minyak di wajah lebih terkontrol. Meminimalisir munculnya jerawat akibat minyak berlebih. Namun, jika Ladies memiliki kulit berminyak yang cenderung tersumbat atau pori-pori membesar, sebaiknya cari produk niacinamide 10%.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Fakta Niacinamide

Bagi Ladies yang sering menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan, niacinamide bisa menjadi pahlawan kulit. Seringkali paparan sinar matahari menyebabkan warna kulit tidak merata dan muncul flek-flek hitam. Nah, dengan niacinamide kulit akan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet sekaligus dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat.

5. Penggunaan Serum Niacinamide

Fakta Niacinamide

Produk skincare yang mengandung niacinamide paling sering dicari adalah serum. Untuk penggunaan serum niacinamide, oleskan serum tersebut ke wajah sebelum step pelembab atau sesudah toner. Lakukan langkah ini secara rutin di pagi atau malam hari.

Begitu banyak sebenarnya manfaat niacinamide untuk kulit wajah. Sayangnya, tidak semua kondisi kulit wajah bisa menerima niacinamide. Jika khawatir untuk mencoba, sebaiknya mulailah dengan kandungan niacinamide yang paling rendah.

Baca Juga:

Mudah Ditemui, 5 Bahan Alami Ini Bikin Kulit Wajah Glowing

Ini Dia 7 Produk Pelembap untuk Kulit Kering Berjerawat

Jerawat Membekas? Gunakan 7 Krim Penghilang Bekas Jerawat Ini