Mau Liburan ke Demak? Simak 11 Fakta Unik Masjid Agung Demak Ini!

0
264

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Selama penyebaran dan perkembangan agama Islam, banyak masjid yang didirikan di Indonesia. Baik dibangun oleh para ulama maupun penguasa setempat. Hingga saat ini banyak masjid yang berusia ratusan tahun masih berdiri kokoh, salah satunya adalah Masjid Agung Demak.

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini didirikan oleh Raden Patah, raja pertama Kesultanan Demak pada 1474. Masjid yang berdiri di desa Kauman ini dipercaya menjadi tempat berkumpulnya Wali Songo (ulama yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa). Selain memiliki nilai historis yang tinggi, ternyata masjid ini juga punya banyak fakta unik loh Ladies!

Sedikit napak tilas yuk Ladies! Sembari mengenal 11 fakta unik Masjid Agung Demak Berikut ini!

1. Tahukah kamu Ladies kalau atap Masjid Agung Demak justru bercorak Hindu-Islam?

fakta masjid agung demak

Hal ini merupakan bentuk akulturasi budaya karena agama Hindu lebih dulu ada di nusantara. Atap masjid ini terdiri dari 3 tingkat (berbentuk tajuk atau limas mirip atap pura) dan melambangkan Iman, Islam dan Ihsan.

2. Masjid Agung Demak memiliki 4 tiang utama setinggi 16 meter

fakta masjid agung demak

Saka atau tiang tersebut dibangun oleh Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Bonang. Meskipun terlihat seperti tiang pada umumnya, namun uniknya tiang yang dibuat oleh Sunan Kalijaga sebenarnya terbuat dari serpihan kayu yang disatukan membentuk kayu utuh dan masih bertahan kuat hingga saat ini. 

3. Terdapat tempat wudu bersejarah berbentuk kolam sedalam 5 meter dengan 3 batu hitam

fakta masjid agung demak

Sama seperti masjid pada umumnya, Masjid Agung Demak juga memiliki tempat wudu. Namun tempat wudu di masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Menurut sejarah, dahulu kolam tersebut digunakan untuk wudu oleh para Wali Songo, namun saat ini sudah tidak difungsikan dan dijadikan museum. 

4. Dahulu pintu utama masjid diberi julukan pintu bledeg (petir), buatan Ki Ageng Selo

fakta masjid agung demak

Menurut cerita, beliau merupakan seorang wali yang bisa menangkap petir. Sayangnya, pintu tersebut sudah rapuh sehingga dipindahkan ke Museum Masjid Demak.

Pintu tersebut terbuat dari kayu jati dengan banyak ukiran, salah satunya dua kepala naga. Dalam budaya Jawa, simbol tersebut merupakan penanda waktu yang berbunyi “Nogo Mulat Saliro Wani“, yang berarti tahun 1388 Saka atau 1466 Masehi (tahun peletakan batu pertama Masjid Agung Demak).

5. Memiliki menara adzan yang sangat indah!

fakta masjid agung demak

Masjid ini juga memiliki menara agar suara adzan dapat didengar di radius jarak jauh loh Ladies! Eit, tapi menara tersebut bukan peninggalan Kesultanan Demak, namun justru dibangun pada masa penjajahan Belanda di tahun 1932. Arsiteknya adalah N.V Lyndetives dari Semarang.

6. Selalu ramai pengunjung dan umat yang beribadah

fakta masjid agung demak

Ketika bulan Ramadhan, Masjid Demak akan sangat ramai pengunjung yang beribadah salat tarawih. Apalagi di sepuluh hari menjelang Idul Fitri, banyak jamaah yang beri’tikaf dan tadarus di masjid ini.

7. Para pengunjung juga berwisata religi atau ziarah di Masjid Agung Demak

fakta masjid agung demak

Kompleks pemakaman Masjid Agung Demak merupakan makam raja-raja Demak beserta para keluarganya. Seperti Makam Raden Patah (Sultan Demak I), Raden Patiunus (Raja Demak ke-II), dan Dewi Murthosimah permaisuri Raden Patah.

Selain kompleks pemakaman raja, Masjid Agung Demak juga dekat dengan makam Sunan Kalijaga. Berjarak sekitar 15 hingga 20 menit berkendara dengan mobil.

8. Ladies, Masjid Agung Demak juga memiliki museum

fakta masjid agung demak

Selain berisi pintu bledheg, beberapa benda bersejarah juga disimpan di museum ini. Seperti tiang saka guru masjid, kentongan, piring keramik dan banyak lainnya.

9. Terletak tepat di depan Alun–Alun Simpang Enam Demak

fakta masjid agung demak

Masjid Demak yang terletak tepat di depan Alun–Alun Simpang Enam Demak. menjelang malam hari banyak pedagang yang menjajakan kuliner dengan harga murah meriah. Jadi kamu bisa berwisata, berziarah sekaligus kulineran Ladies.

Nah itulah 9 fakta unik Masjid Agung Demak yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, Ladies. Gimana nih, tertarik mengunjungi Masjid Agung Demak?

Baca Juga:

Seru, Berikut 8 Hobi yang Mampu Meningkatkan Kecerdasanmu Loh!

Proses Ngunduh Mantu dan Maknanya dalam Adat Jawa 

Inilah Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Salat Dhuha