Fakta dan Cara Merawat Tanaman Miana, Supaya Tumbuh Subur

0
38

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Kegiatan berkebun ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan, Ladies. Selain itu, hobi berkebun membuat taman rumah menjadi lebih asri. Nah, salah satu tanaman yang bisa ditanam di kebun rumah adalah tanaman miana. 

Bagi para Ladies pecinta tanaman hias, Ladies Corner akan membahas seputar fakta, manfaat, dan cara merawat tanaman miana yang cantik. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya, Ladies.

Fakta Tanaman Miana

fakta-dan-cara-merawat-Tanaman-Miana

Tak kalah cantik dari tanaman hias lainnya, tanaman miana memiliki warna khas yaitu ungu. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Coleus ini memang tidak seterkenal tanaman hias jenis Monsterra. Meski begitu, tanaman miana banyak digemari di berbagai daerah, Ladies.

Uniknya, tanaman ini memiliki berbagai sebutan di berbagai daerah. Di Jawa Tengah, tanaman miana terkenal dengan sebutan iler, di Jawa Barat dengan jawek kotok, di Palembang dengan adong-adong, di Bugis dengan ati-ati, di Sumatera Barat dengan sigresing, sedangkan di Minahasa sebagai serewung. 

Manfaat Tanaman Miana

fakta-dan-cara-merawat-Tanaman-Miana

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman miana juga termasuk sebagai toga atau tanaman obat-obatan. Hal ini karena tanaman miana bisa dijadikan sebagai minuman herbal yang baik untuk tubuh.

Kandungan dalam tanaman miana diklaim dapat mengobati wasir, bisul, meredakan demam, menyembuhkan panas dalam, meredakan gejala batuk, mengatasi sakit saat menstruasi, dan mengobati diabetes.

Cara Merawat Tanaman Miana

fakta-dan-cara-merawat-Tanaman-Miana

Perawatannya yang mudah menjadi salah satu alasan tanaman miana banyak digemari. Ladies juga bisa menanam atau memperbanyak tanaman miana. Untuk lebih lengkap, simak cara merawat tanaman miana di bawah ini, yuk!

1. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

Tanaman miana membutuhkan banyak sinar matahari agar bisa hidup. Ladies bisa meletakannya di halaman rumah. Jika Ladies ingin menjadikan tanaman miana sebagai hiasan indoor, letakkan saja di dekat jendela. Dengan meletakkannya di halaman atau dekat jendela, tanaman miana bisa mendapatkan sinar yang cukup. 

2. Siram tanaman miana 1-2 hari sekali

Meskipun tanaman miana suka dengan sinar matahari, jangan sampai terlewat untuk menyiram tanaman miana, Ladies. Paparan sinar matahari yang terlalu lama membuat tanaman ini membutuhkan banyak air agar tidak layu. Pastikan untuk menyiramnya satu sampai dua kali sehari.

3. Lakukan pemangkasan rutin pada tanaman miana

Tanaman miana memiliki pertumbuhan yang tergolong cepat. Tinggi tanaman miana bisa mencapai hingga 1,5 meter, loh! Oleh karena itu, jangan lupa untuk memotong beberapa tunas yang baru tumbuh atau tunas yang sudah layu secara rutin. Hal ini juga bisa menjadikan tanaman miana semakin rimbun.

4. Semprotkan insektisida dua minggu sekali

Tanaman miana mudah terserah penyakit hama, yaitu ulat dan kutu putih. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk menyemprotkan insektisida secara berkala, Ladies! Lakukan setidaknya dua sampai tiga kali minggu sekali atau ketika gejala serangan hama sudah terlihat.

Itulah penjelasan mengenai fakta dan cara merawat tanaman miana. Setelah membaca artikel ini, apakah Ladies tertarik untuk merawat tanaman miana yang cantik ini?

Baca Juga:

7 Jenis Tanaman Keladi yang Cocok Jadi Tanaman Hias Aesthetic

Bikin Teras Rumah Cantik , Ini 10 Tanaman Hias Gantung

7 Jenis Tanaman Anthurium Paling Populer dan Cantik