Wajib Tahu! Inilah 5 Efek Samping Suntik Putih

0
259

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Definisi cantik pada beberapa orang tentu bisa berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, stigma bahwa cantik itu harus memiliki kulit putih dan cerah sudah berkembang cukup lama. Oleh sebab itu, saat ini banyak banget produk-produk kecantikan yang mencoba menawarkan solusi atas masalah ini. Salah satunya dengan adanya suntik putih. 

Suntik putih sendiri adalah cairan yang disuntikkan ke dalam tubuh berupa vitamin C, glutathione, dan kolagen. Campuran kandungan ini diklaim bisa membantu Ladies untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Akan tetapi, sejalan dengan itu Ladies juga harus siap menanggung beberapa efek sampingnya, loh.

Berikut ini Ladies Corner merangkum 5 efek samping dari suntik putih. Disimak yuk!

1. Gangguan pencernaan

efek samping suntik putik

Efek samping umum yang akan dirasakan dari suntik putih vitamin C adalah gangguan di pencernaan. Gejala paling umum yang biasa dirasakan adalah sakit perut, perut kembung, diare, mual, dan muntah. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ya Ladies sebelum suntik putih.

2. Kelebihan zat besi dalam tubuh

efek samping suntik putik

Vitamin C dikenal untuk meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga sangat baik untuk meningkatkan stamina pada tubuh. Akan tetapi, kadar zat besi yang berlebihan juga tidak baik loh, Ladies.

Kelebihan zat besi dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, hati, pankreas, tiroid, dan sistem saraf pusat tubuh. Jadi, bukan tidak mungkin kalau suntik putih bisa memberikan dampak yang serius terhadap tubuh, Ladies.

3. Meningkatkan risiko batu ginjal

efek samping suntik putik

Suntikan vitamin C dikeluarkan dari tubuh sebagai oksalat atau produk limbah tubuh. Oksalat ini biasanya keluar dari tubuh melalui urin. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat oksalat bisa mengikat mineral dan membentuk kristal yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak vitamin C dapat meningkatkan oksalat dalam urin, sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Tidak mampu memproses nutrisi lain

efek samping suntik putik

Efek lain kelebihan vitamin C mampu menghambat penyerapan nutrisi lain. Vitamin C dapat mengurangi masuknya beberapa vitamin lain yang dibutuhkan tubuh seperti misalnya B12 dan tembaga.

Efek ini tentu bisa berakibat kurang baik pada tubuh. Tubuh jadi kurang sehat akibat terhambatnya penyerapan nutrisi.

5. Meningkatkan risiko hemolisis

efek samping suntik putik

Sebuah penelitian dari Case Report in Medicine menunjukkan bahwa menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko hemolisis. Kondisi ini akan terjadi jika seorang pengguna suntik putih memiliki riwayat penyakit anemia defisiensi G6PD.

Itulah sejumlah efek samping yang haru Ladies ketahui sebelum melakukan suntik putih. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dan beri tahu riwayat penyakit yang pernah Ladies alami untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

8 Rekomendasi Serum Wardah untuk Berbagai Jenis Kulit

Coba 7 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Paling Efektif

10 Tips Anti Ribet Agar Olahan Daging Sapi Empuk dan Enak

Sumber

Alodokter. Vitamin C. www.alodokter.com 

Healthline. (2019). Does too Much Vitamin C Cause Side Effects? www.healthline.com

Healthline. (2018). Vitamin C Injection: Benefits and Risks. www.healthline.com

Medical News Today. (2019). What Happen When You Take Too Much Vitamin C? www.medicalnewstoday.com

Kompas. (2021). 6 Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan. www.health.kompas.com