Wajib Tahu! Ini Dosa-Dosa yang Paling Tidak Diampuni Allah

0
177

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna karena dikaruniai akal, pikiran, dan nafsu. Meskipun begitu, kekurangan selalu meliputi manusia untuk menguji keimanan. Hal ini yang membuat manusia bisa jatuh dalam perbuatan dosa.

Namun Allah SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Memohon ampunan Allah SWT dengan bertaubat akan menghapus dosa-dosa manusia. Namun, ada beberapa dosa yang sulit diampuni dan oleh karena itu sebaiknya kita menghindarkan diri dari dosa-dosa ini. 

1. Berbuat Syirik (Menyekutukan Allah SWT)

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan makhluk-makhluk yang lain. Misalnya mengakui adanya kemampuan dan kekuatan lain selain dari Allah, mengabdikan diri dengan menyembahnya selain menyembah Allah, maupun mempercayai adanya kekuatan lain selain kebesaran Allah.

Allah SWT berfirman kepada umatnya untuk menjauhkan diri dari perbuatan syirik agar hidup kita dijauhkan dari kesesatan. Berikut ini adalah firman Allah tentang perbuatan syirik yang sebaiknya kita hindari.

2. Fitnah (Menuduh Wanita Baik-baik Berzina)

Menuduh orang lain tanpa didasari bukti yang merupakan suatu kejahatan fitnah. Allah menyukai orang-orang yang jujur dan berkata benar, sehingga Allah sangat tidak menyukai perbuatan fitnah ini, seperti yang ada dalam firman Allah SWT dalam Al qur’an dalam surah An-Nuur ayat 4.


3. Durhaka Kepada Orang Tua

Tanpa orang tua kita bukanlah apa-apa. Orang tua telah membesarkan kita dengan sepenuh hati. Oleh karena itu kita wajib menghormati, memuliakan, dan berbakti kepada orang tua. Bahkan salah satu hadis menjelaskan kalau rida dan murkanya Allah tergantung orang tua.

4. Berbuat Zina

Zina merupakan perbuatan hubungan intim antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan halal yaitu pernikahan. Islam melarang kita untuk melakukan zina, seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut.

5. Membunuh Orang Lain

Membunuh artinya menghilangkan nyawa orang lain dengan sengaja. Hal ini merupakan kejahatan yang  melanggar hukum negara dan melanggar hukum Islam. Apalagi jika membunuh sesama mukmin dengan sengaja, seperti yang telah dijelaskan dalam Al-qur’an.

6. Memakan harta atau hak dari anak-anak yatim

Dalam firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 188 tertulis jelas larangan untuk memakan harta orang lain dengan jalan yang tidak benar. Apalagi Islam menganjurkan kita untuk senantiasa berbuat baik dan memuliakan anak yatim.

Memakan harta dan hak dari anak-anak yatim merupakan perbuatan yang paling tidak disukai Allah, sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini.

7. Lari dari Medan Peperangan (Jihad)

Saat muslim diserang oleh musuh dan ada dalam keadaan peperangan, haram baginya untuk mundur maupun lari dari medan peperangan. Kita diperbolehkan mundur apabila itu merupakan siasat untuk menyusun strategi yang lebih baik, seperti yang dijelaskan dalam surah Al-Anfal ayat 15-16 berikut ini.

8. Mengambil dan memakan Riba

Riba merupakan berarti mengambil keuntungan tambahan (bunga) dari pinjam meminjam maupun jual beli. Umat muslim sebaiknya menghindari perbuatan ini karena salah satu yang diharamkan dalam Islam dan termasuk dosa besar, seperti yang dijelaskan berikut.

9. Berputus Asa dari Rahmat Allah SWT

Di dalam hidup ada saat di mana kita diberi ujian kehidupan, maka sebaiknya kita tidak berputus asa.  Jika kita berputus asa berarti kita tidak percaya akan pertolongan Allah. Apalagi jika putus asa itu membuat kita untuk mengakhiri hidup. Hal itu termasuk dosa besar yang sulit diampuni.

Inilah firman Allah SWT tentang imbauan agar kita tidak berputus asa dari rahmat Allah.

Demikian informasi tentang dosa-dosa yang paling tidak diampuni Allah. Semoga Allah SWT melindungi dan menghindarkan kita dari dosa-dosa besar.

Baca Juga:

Bosan Drakor? Yuk Nonton 6 Drama Taiwan Lucu dan Romantis

Rukun dan Syarat Sah Menikah dalam Islam

Gaya Hubungan Intim yang Dilarang dalam Hukum Islam