Wajib Diamalkan! Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab Beserta Latinnya

0
101

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Islam selalu mengajarkan banyak hal kepada umatnya, terutama yang berkaitan dengan hal-hal baik. Salah satunya ialah adab untuk berziarah atau mengunjungi makam orang yang sudah meninggal. 

Meski bukanlah sesuatu yang wajib, namun berziarah bisa menjadi satu cara agar manusia selalu ingat akan kematian. Berikut ini doa ziarah kubur yang bisa kita amalkan Ladies.

1. Membaca salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتَاكُمْ مَا تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

“Assalamu’alaikum dara qaumin mu’minin wa atakum matu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-allahu bikum lahiqun.”

Artinya: “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insya Allah akan menyusul kalian”.

2. Membaca istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.”

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.”

3. Membaca surat Al-Fatihah 3x, disambung dengan surat pendek lain nya (Al-Ikhlas 3x, surah Al-Falaq dan An-Nas)

Setelah membaca istighfar, maka dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek dari Al-Quran yang diawali dengan surat pembuka, al-fatihah sebanyak 3 kali. Lalu surat al-ikhlas 3 kali, baru kemudian surat Al-falaq dan An-nas.

Pembacaan surat pendek ini sesuai dengan anjuran yang disebutkan dalam hadis berikut:

Diriwayatkan al-Marwazi dari Ahmad bin Hanbal, beliau mengatakan: “Bila kalian masuk ke dalam taman makam (kuburan), maka bacalah al-Fatihah, Surat Ikhlas dan al-Muawwidzatain (al-Falaq dan an-Naas). Jadikanlah pahalanya untuk mayat-mayat kuburan tersebut, karena sungguh pahalanya sampai kepada mereka.”

4. Membaca kalimat tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

“Laa Ilaaha Illallah.”

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”

5. Membaca doa ziarah kubur

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

“Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khotoya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danas. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.”

Artinya: “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR. Muslim).

Demikianlah doa ziarah kubur yang bisa diamalkan ketika mengunjungi makam orang-orang terkasih. Semoga doa yang dipanjatkan bisa memberi keselamatan bagi mereka yang telah tiada dan menjadi pengingat untuk kita yang masih hidup.

Baca Juga:

Doa untuk Suami Tercinta, Para Istri Wajib Tahu Ini!

Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal