Wajib Tahu! 6 Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

0
137

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam hidup ini, tidak ada yang tahu pasti bagaimana kondisi dan keadaan kita ke depannya. Mau itu dalam hitungan hari, jam, menit, atau bahkan detik sekalipun. Bisa saja pagi hari kita sehat wal afiat, tapi sorenya tiba-tiba kita diberikan sakit. Itu semua kehendak dan kuasa Allah SWT sebagai sang pencipta.

Nah, daripada berlarut memikirkan penyakit, lebih baik kita amalkan doa yang tidak hanya mendatangkan pahala tetapi juga menjadi obat penyembuh. Kalau orang sekitarmu yang sakit, berikut ini Ladies Corner merangkum kumpulan doa untuk orang sakit agar cepat sembuh.

Hadis Mengenai Mendoakan Orang yang Sakit

Pasalnya, sudah menjadi keharusan bagi sesama muslim untuk menjenguk orang yang sakit. Seperti Sabda Rasulullah SAW berikut:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ 

“Haqqul Muslimin alal muslimin sittun qiila, maa hunna yaa rasulullah, qaala idzaa laqiitahu fasallim alaihi, wa idza daaka fa a jibhu, wa i dzas tan shohaka fan shah lahu, wa idza athosa fahami dallaha fasammit hu, waidza maridho faud hu, wa idzaa maa ta fat tabi’hu”

Artinya: “Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam. Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR Muslim).

1. Doa agar meminta penyakitnya diangkat

Allahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

2. Doa mohon ampunan dan diberikan kesembuhan

“Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa’aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika.”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

3. Doa yang diamalkan Rasulullah SAW

“As’alullaahal azhiima robbal ‘arsyil ‘azhiimi an yasyfiyaka.”

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

4. Doa ruqyah untuk orang yang sakit agar lekas sembuh

Imsahil ba’sa rabban naasi bi yadikas syifaa’u laa kaa syifa lahu ill anta.”

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

5. Doa minta kesembuhan dengan menyebut nama orang yang sakit secara spesifik

Allahummasyfi (sebut nama). Allahummasyfi (sebut nama). Allahummasyfi (sebut nama).”

Artinya: “Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit).”

6. Doa agar terhindar dari penyakit apa pun

Laa ba’sa thahuurun insyaa allaahu.

Artinya: “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah SWT,” 

Itulah tadi kumpulan doa untuk orang sakit agar cepat sembuh. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT ya Ladies.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

Doa untuk Suami Tercinta, Para Istri Wajib Tahu Ini!

Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal