Wajib Tahu! Ini Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sakit

0
147

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Ladies, hidup itu memiliki pola dan aturannya sendiri. Ketika kita tumbuh besar dan dewasa, secara tidak langsung kita akan melihat orang tua yang semakin menua. Kita akan melihat mereka memiliki tanda-tanda penuaan, bahkan tidak jarang harus mengidap penyakit.

Lalu, pada saat seperti itulah pengabdian kita dibutuhkan. Ketika orang tua sakit, kita wajib untuk memberi perhatian lebih dan merawatnya karena amalannya itu bisa mendatangkan banyak pahala. Selain itu, sebagai seorang muslim, doa juga menjadi satu komponen yang penting Berikut ini, ada sejumlah doa untuk kesembuhan orang tua yang sakit.

1. Doa untuk orang tua yang sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan sembuhkanlah penyakitnya. Engkaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Berikan (kami) obat yang tidak meninggalkan penyakit.”

2. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Dalam sebuah hadis, disebutkan: “Jika Rasulullah SAW beranjak dari tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian beliau meniupnya, dan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surat An-Nas, kemudian mengusapkan ke seluruh tubuhnya yang terjangkau, mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan, hingga tiga kali.”

Aisyah berkata “Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku untuk melakukannya untuk beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dari hadis tersebut terlihat bahwa, kekuatan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk orang yang sakit begitu nyata, sampai-sampai Rasulullah menyuruh Aisyah melakukannya. Jadi, ketiga surat ini bisa Ladies baca ketika orang tua sedang sakit.

3. Doa berdasarkan hadis Abu Dawud dan Tirmidzi

‘Abdullah ibn ‘Abbas melaporkan bahwa Nabi SAW berkata: “Ketika seseorang mengunjungi orang sakit yang waktu kematiannya belum tiba, dan mengatakan tujuh kali: As’alu Allah al ‘azim Rabbil ‘arshil azim an yshfiaka (saya meminta Allah, Yang Maha Perkasa, Tuhan yang Perkasa, untuk menyembuhkanmu) maka Allah akan menyembuhkan penyakit itu, Insya Allah.”

4. Adab saat berdoa untuk kesembuhan orang tua

Islam selalu mengajarkan banyak hal kepada umatnya, terutama untuk hal-hal yang baik. Begitu pun dengan ajaran untuk berdoa, tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada adabnya agar bisa dijabah dan didengar oleh Allah SWT. 

Setelah tahu apa saja doa-doanya, berikut ini adab yang harus kita lakukan saat ingin mendoakan orang tua:

  1. Sebelum berdoa, awali dengan memuji kebesaran Allah SWT
  2. Dilanjutkan dengan bersholawat kepada Rasulullah SAW
  3. Selanjutnya, memohon ampunan kepada Allah SWT
  4. Ceritakanlah kepada Allah SWT kesusahan yang sedang dialami orang tua termasuk rasa sakitnya dan jangan lupa sebutkan juga perbuatan baik mereka
  5. Setelah itu, baru panjatkanlah doa agar orang tua bisa dilepaskan dari penyakitnya dan selalu diberi kesehatan dan kesembuhan.

Dari doa-doa untuk kesembuhan orang tua di atas beserta adab melakukannya, semoga kita senantiasa selalu bisa menerapkannya ya, Ladies.

Baca Juga:

Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Agar Berlimpah Berkah

Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Meminta Perlindungan Allah