Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal

0
194

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Ayah dan ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita sebagai seorang anak. Tanpa orang tua, kita tidak akan menjadi manusia yang tumbuh dewasa dengan baik. Mendoakan kedua orang tua menjadi salah satu tanda bakti yang anak lakukan pada kedua orang tua. Apalagi hal itu merupakan salah satu amalan yang paling dicintai Allah SWT selain melaksanakan salat tepat pada waktunya.

Doa yang kita berikan bagi orang tua memiliki tempat yang sangat istimewa. Apalagi doa menjadi salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus sekalipun maut memisahkan. Kita masih dapat memeluk orang tua kita dalam doa-doa tulus yang kita panjatkan pada Allah SWT.

Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal juga mengandung harapan agar Allah SWT memberikan kemudahan jalan bagi kedua orang tua kita di alam barzah dan dijauhkan dari siksa neraka. Yuk, kita ingat baik-baik dan usahakan untuk menghafalkan doa-doa ini  ya, Ladies

1. Doa untuk Orang Tua yang Diajarkan Sejak Kecil

Doa pertama yang dapat kita baca adalah doa yang senantiasa kita panjatkan selama hidup kita. Apalagi doa ini sudah diajarkan pada kita sejak kita kecil. Meskipun terlihat sederhana, tapi doa ini mengandung arti yang penuh makna untuk memohon ampunan bagi diri kita maupun bagi kedua orang tua kita yang sudah merawat kita dengan penuh kasih sayang dan cinta sejak kita kecil.

Inilah bacaan doa yang dapat kita panjatkan, sekaligus jadi doa pembuka untuk mendoakan kedua orang yang telah berpulang:

2. Doa Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua Maupun yang Sudah Kita Anggap Seperti Orang Tua Kandung

Doa ini memiliki makna yang baik untuk memohon ampunan tidak hanya bagi kedua orang tua kandung kita, tetapi juga bagi orang-orang yang sudah kita anggap seperti orang tua kandung. Doa ini pun memiliki makna untuk memohon ampunan pula bagi muslimin dan muslimat baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.

Inilah bacaan doa yang dapat kita panjatkan pada Allah SWT:

3. Doa Memohon Ampunan dan Rahmat Bagi Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

Doa ini adalah doa yang dapat kita baca untuk orang tua yang sudah meninggal dunia agar Allah SWT tidak hanya memberikan ampunan-Nya, tetapi juga melimpahkan rahmat dan syafaat bagi kedua orang tua kita.

Berikut ini adalah bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal agar Allah SWT memberikan ampunan dan rahmat-Nya pada kedua orang tua kita di alam sana:

4. Doa Sapu Jagat (Memohon Keselamatan di Dunia dan Akhirat)

Doa sapu jagat merupakan doa penuh kebaikan yang di dalamnya mengandung makna memohon kebaikan untuk urusan dunia (memohon diberikan rezeki yang halal, kesehatan, diberi kemudahan dan kecukupan dalam hidup, dan lain sebagainya) dan maupun keselamatan di akhirat.

Inilah bacaan doa sapu jagat (memohon keselamatan di dunia dan akhirat) yang dapat kita panjatkan untuk kedua orang tua kita:

5. Al-Fatihah sebagai Doa Penutup

Al-fatihah merupakan salah satu surah di dalam Al-qur’an yang punya berbagai macam keutamaan. Membaca surah al-fatihah sebagai doa penutup yang dapat kita berikan bagi orang tua yang sudah meninggal dengan harapan selain Allah SWT mengampuni dosa-dosa kedua orang tua kita, Allah juga menuntun orang tua kita menuju jalan penuh rahmat yang mengantarkan orang tua kita ke surga-Nya.

Demikianlah informasi tentang doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal yang Ladies Corner rangkum. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa orang tua kita dan memberikan tempat terbaik dan indah di sisi-Nya.

Baca Juga:

Inilah Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam Beserta Ayatnya

Gaya Hubungan Intim yang Dilarang dalam Hukum Islam

Yuk Intip 9 Negara Islam yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia