Inilah Doa Sebelum dan Bangun Tidur agar Selalu Dilindungi Allah

0
219

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Tidur merupakan salah satu dari proses fisiologis yang terjadi pada manusia, sehingga menjadi kebutuhan yang sangat penting manusia. Kebutuhan ini yang akan membantu agar sistem organ yang ada di dalam tubuh manusia bisa bekerja dengan maksimal. Pada umumnya, kebutuhan tidur orang dewasa berkisar antara enam hingga delapan jam dalam sehari.

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orangtua kita untuk berdoa. Doa-doa yang diajarkan dari mulai doa mau makan hingga doa saat sebelum tidur dan setelah bangun dari tidur.

Tampak sederhana, tapi doa memiliki banyak manfaat. Berdoa menjadi bagian pelengkap di dalam kehidupan kita sebagai pengharapan sekaligus ucapan rasa syukur. Inilah bacaan doa sebelum tidur dan bangun tidur agar kita dijaga oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Bisa Kita Baca

Doa Sebelum dan Bangun Tidur

Saat sebelum tidur, doa menjadi salah satu pengingat kita kepada Allah SWT sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kita atas beragam nikmat dari Allah SWT. Doa yang kita panjatkan sebelum tidur ini pun menjadi pengharapan kepada Allah SWT agar senantiasa menjaga kita dari dari beberapa hal, yaitu:

  • melindungi kita dari gangguan saat kita tidur
  • menjadikan tidur kita sebagai istirahat yang bermanfaat bagi tubuh
  • membuat kita selalu mengingat nama-Nya di dalam segala kondisi.

Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Biasa Kita Baca Sejak Kecil

Doa Sebelum dan Bangun Tidur

Sejak kecil kita telah diajarkan oleh orangtua untuk membaca doa ini saat akan tidur. Doa sederhana yang memiliki makna yang dalam untuk senantiasa mengingat dan menyebut nama Allah SWT di dalam segala kondisi. Inilah bacaan doa sebelum tidur yang sudah akrab kita kenal:

 بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Arti dari bacaan doa sebelum tidur yang kita baca: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu ya Allah aku mati.”

Bacaan Doa Sebelum Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW 

Di dalam hadis riwayat Imam Al Bukhari dijelaskan, seperti yang dikatakan  oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda saat seseorang berjalan ke tempat pembaringan (tempat tidur), hendaknya dia mengibas-ibaskan tempat tidur itu terlebih dahulu sebelum berbaring di sana sambil mengucapkan doa berikut ini:

Doa Sebelum dan Bangun TidurHal ini Rasulullah ajarkan lantaran kita tidak pernah tahu apa yang ada di sana saat kita meninggalkan tempat tidur itu. Rasulullah SAW mencontohkan kita untuk berdoa agar mendapat rahmat dari Allah SWT sebelum kita tidur.

Selain doa itu, Rasulullah SAW berkata juga pada al-Barra bin ‘Aazib RA, saat seseorang berjalan ke tempat pembaringan (tempat tidur), hendaknya kita untuk berwudu seperti akan salat kemudian berbaring di sisi sebelah kanan sambil mengucapkan doa berikut ini:

Doa Sebelum dan Bangun Tidur

3. Bacaan Doa Setelah Bangun Tidur yang Bisa Kita Baca

Doa Sebelum dan Bangun Tidur

Saat bangun dari tidur kita berdoa sebagai ungkapan rasa syukur karena kita masih diberi kesempatan untuk bangun, masih diberi rezeki napas kehidupan dan umur dari Allah SWT sehingga kita bisa menjalani aktivitas kita sehari-hari.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Itulah bacaan doa sebelum tidur dan setelah bangun tidur lengkap beserta artinya yang dapat kita baca agar mendapat perlindungan dan rahmat dari Allah SWT di saat terjaga, saat menutup mata, dan saat kembali membuka mata setelah bangun dari tidur.

Baca Juga:

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan

Inilah Kumpulan Ucapan Selamat Puasa Bagi yang Menjalankan

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet