Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Meminta Perlindungan Allah

0
263

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Beberapa dari kita pasti sudah mengenal dan akrab dengan doa qunut yang biasa dibacakan sesudah iktidal saat salat subuh. Namun, pernahkah Ladies mendengar tentang doa qunut nazilah?

Qunut Nazilah adalah doa khusus yang dibacakan sesudah iktidal dalam rakaat terakhir salat fardu. Doa ini dibacakan saat kita menghadapi situasi yang membahayakan, malapetaka, dan musibah agar mendapat perlindungan sekaligus pertolongan Allah SWT.

1. Bacaan Doa Qunut Nazilah Beserta Artinya

Doa qunut nazilah mengandung makna permohonan kepada Allah SWT untuk memberi keselamatan, perlindungan, petunjuk, dan solusi kepada umat muslim dalam menghadapi situasi mara bahaya dan kesulitan. Selain itu, di dalam doa qunut nazilah ini dapat kita panjatkan agar Allah senantiasa memberikan rahmat untuk Rasulullah SAW, keluarganya, beserta sahabatnya. 

2. Tata Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah merupakan sunah yang dapat kita sertakan di dalam salat fardu yang kita laksanakan agar mendapat perlindungan dan pertolongan Allah SWT dalam menghadapi mara bahaya. Namun, sebaiknya kita mengetahui tata cara membaca doa qunut nazilah yang benar agar doa kita Allah SWT kabulkan. Inilah tata cara membaca doa qunut nazilah:

  • Pada Saat Salat Fardu Munfarid (Sendiri)

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah dibaca setiap rakaat terakhir salat lima waktu yang kita laksanakan saat menghadapi situasi sulit dan musibah. Doa ini dibaca setelah iktidal, dibaca dengan suara yang pelan di waktu salat zuhur dan asar. Kemudian, kita dapat mengeraskan suara saat membaca doa qunut nazilah di waktu salat magrib, isya, dan subuh.

  • Pada Saat Salat Berjamaah

Doa Qunut Nazilah

Secara umum, tata cara membaca doa qunut nazilah dalam salat berjamaah tidak berbeda jauh dari saat kita sendiri. Perbedaannya terletak pada bacaan kata ganti dalam lafaz doa qunut nazilah.

Imam salat akan memimpin membacakan lafaz doa qunut nazilah, mengganti mutakallim wahdah kata “ni” yang bermakna sendiri, menjadi kata ganti untuk jamak atau mutakallim ma’al ghair yaitu kata “na”. Setelah imam selesai membacakan seluruh lafaz doa qunut nazilah, makmum di belakangnya dapat mengaminkan doanya.

Itulah bacaan doa qunut nazilah beserta artinya dan juga tata caranya. Semoga doa yang kita panjatkan juga Allah SWT ijabah sehingga cobaan pandemi bisa segera berakhir.

Baca Juga:

Ramalan Kehidupan Zodiak Taurus di Bulan Agustus, Simak Yuk!

Inilah Doa Sebelum dan Bangun Tidur agar Selalu Dilindungi Allah

Kena PHK? Yuk Mulai Membangun Bisnis Modal Kecil