Anjuran Rasulullah, Inilah 5 Doa Penghapus Dosa

0
189

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sebagai manusia, kita semua pasti menyadari bahwa kita adalah tempatnya salah dan dosa. Ada begitu banyak hal yang tanpa kita sadari membuat dosa kita terhitung cukup banyak. Mungkin inilah yang menjadi ketakutan terbesar kita untuk menghadapi yang namanya hari akhir. 

Untuk itu, yang bisa kita lakukan sebagai manusia hanyalah meminta ampunan hanya kepada Allah SWT. Agar kelak nantinya, saat tiba di hari pertimbangan amal kebaikan kita bisa lebih berat timbangannya.

1. Istighfar sebanyak-banyaknya

Kalimat “Astaghfirullah” yang memiliki arti “Aku memohon ampun kepada Allah” ini sangat disukai Allah SWT. Sesuai dengan artinya, kalimat ini patut kita panjatkan sebanyak-banyaknya ketika hendak meminta ampunan atas dosa-dosa kita selama ini.

Rasulullah SAW pun bersabda, “Wahai anak Adam seandainya dosamu menjulang tinggi ke langit, lalu engkau banyak istighfar dan banyak memohon ampun kepadaku maka aku ampuni dosa-dosamu.” (HR. Tirmidzi no.127).

2. Mengucap kalimat Tahlil

Selain Istighfar, ucapkan juga kalimat tahlil. Kalimat “la ilaha illallah“ juga disukai Allah SWT karena artinya yang mengagung-agungkan Allah dan pengakuan atas Keesaan Allah. Kalimat ini bisa menjadi bentuk kepasrahan kita akan semua kehendak Allah SWT. 

Hal itu juga dipertegas oleh sabda Rasulullah SAW, yang diriwayatkan dari Abu Hurairah berikut ini:

Artinya: “Barangsiapa mengucapkan ‘La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir‘ 100 x, maka akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak, dan seratus kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan seratus dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya, dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari Syaitan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya.” (HR. Bukhari)

3. Memperbanyak kalimat Tasbih

Kalimat tasbih adalah kalimat “Subhanallah” yang artinya Maha Suci Allah SWT. Ladies dapat melakukan dzikir dengan kalimat “subhanallah”.

Kalimat ini mungkin sering kita ucapkan sehari-hari, tapi ternyata kalimat ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta penghapusan dosa dari Allah SWT. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut:Artinya: “Apakah salah seorang di antara kalian tidak mampu mengusahakan seribu kebajikan setiap hari? Ada di antara sahabat yang hadir bertanya kepada beliau: ‘Bagaimana mungkin ada di antara kita yang mampu mengusahakan seribu kebajikan?’

Beliau bersabda: “Ia bertasbih seratus kali, akan dituliskan baginya pahala seribu kebajikan atau dihapuskan darinya seribu keburukan.” (HR. Muslim)

4. Berdzikir setelah shalat sebanyak 100x

Tidak hanya kalimat-kalimat di atas, tetapi doa penghapus dosa bisa diucapkan lewat dzikir. Pasalnya, ada dzikir yang direkomendasikan Rasulullah SAW karena bisa menghapus dosa sebanyak buih di lautan. Beliau menyebutkan dalam sabdanya berikut:

Artinya: “Barang siapa membaca ‘subhanallahi wabihamdihi’ (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Muslim).

Ada baiknya dzikir ini dipanjatkan ketika kita selesai shalat. Urutannya yaitu kalimat tasbih ‘subhanallah’ 33 x, hamdalah ‘alhamdulillah’ 33 x, takbir ‘Allahu Akbar’ 33 c, barulah dzikir tersebut sebagai penyempurna.

5. Dzikir ketika hendak tidur

Selain selesai shalat, dzikir juga bisa diucapkan ketika hendak tidur untuk dijadikan doa penghapus dosa. Meski kelihatannya mudah, tapi dampak yang diberikan bisa luar biasa. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Apabila seorang dari kalian menuju kasurnya, dan mengucapkan ‘la ilaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini.” (HR. Ibnu Hibban no.3414)

Demikianlah kumpulan doa penghapus dosa yang bisa Ladies panjatkan. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa kita. Semoga kita pun bisa lebih bijak dalam melakukan perintah Allah SWT ya Ladies!

Baca Juga:

Wajib Tahu! Inilah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Ajaran Islam

Wajib Tahu! Ini Dosa-Dosa yang Paling Tidak Diampuni Allah

Dalil Al-qur’an dan Hadis Tentang Kejujuran