Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari

0
35

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Di masa pandemi banyak orang yang hidup dalam kesulitan finansial. Kesulitan ekonomi ini bahkan membuat bnayak orang memilih untuk berhutang demi menyambung hidup.

Meskipun hidup kita sedang dalam kesulitan, sebaiknya kita meminjam uang dengan nominal yang dapat kita lunasi. Cara agar kita dapat melunasi hutang tersebut adalah dengan bekerja dengan lebih giat dan diiringi dengan doa. 

Nah, berikut ini doa pelunas hutang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan mengamalkan doa ini dan bekerja keras, semoga kita ekonomi akan membaik dan kita dapat menulasi hutang ya, Ladies.

1. Hadist Riwayat Abu Dawud

doa-pelunas-hutang

Pertama, Ladies dapat memanjatkan doa yang dikutip dari hadist riwayat Abu Daud. Adapun lafal doa pelunas hutan berbunyi sebagai berikut:

Doa-Pelunas-Hutang

Allahumma innii a’uudzubika minal hammi wal khazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli wa a’uudzubika min gholabatid daiyni waqahrir rijaali.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari susah dan sedih, dari lemah dan malas, dari takut dan kikir, dikalahkan oleh hutang dan penguasaan orang lain.”

2. Hadist Riwayat Tirmidzi

doa-pelunas-hutang

Selanjutnya, Ladies dapat memanjatkan doa pelunas hutang yang dikutip dalam hadist wiwayat Tirmidzi.  Ladies bisa membaca doa ini pada hari Jumat atau setiap hari dengan lafal:

Doa-Pelunas-Hutang

Allahummaghnini bihalalika ‘an haramika wagbnini bifadblika ‘amman siwaka.

Artinya: “Ya Allah cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkan lah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

3. Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Umamah RA

Doa-Pelunas-Hutang

Rasulullah mengajarkan untuk senantiasa berusaha, bekerja keras, dan berdoa agar Allah mengabulkan permintaan kita, Ladies. Hal ini juga berlaku saat Ladies berusaha melunasi hutang-hutang. Jangan lupa untuk memanjatkan doa berikut ini yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

Doa-Pelunas-Hutang

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaak.

Artinya: “Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan , karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah,” (HR At Thabrani).

Nah, itulah doa-doa pelunas utang yang diajarkan Rasulullah SAW. Mari kita perbanyak doa tersebut agar Allah SWT senantiasa membantu kita dalam melunasi utang.

Baca Juga:

5 Bacaan Doa untuk Ketenangan Hati, Amalkan Saat Hati Galau

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam, Wajib Tahu

Wajib Tahu! 6 Kumpulan Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh