Doa Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga dan Diri Sendiri

0
131

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Pada bulan suci Ramadan, kita wajib melaksanakan puasa satu bulan penuh dan membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah sejumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim setahun sekali. Waktu pelaksanaannya biasanya di pertengahan puasa Ramadan sampai sebelum salat Idul Fitri. Zakat ini termasuk dalam rukun islam yang harus kita amalkan sebagai umat islam.

Perintah untuk menunaikan zakat telah disebut dalam Al-qur’an. Salah satunya ada di dalam surah Al Baqarah ayat 43. Kewajiban zakat fitrah ini dilakukan oleh umat muslim yang mampu untuk diberikan pada golongan yang berhak menerimanya, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fisabilillah, dan ibnu sabil. Untuk menyempurnakannya, kita dapat membaca doa niat zakat fitrah agar ibadah semakin afdal.

1. Doa Niat Zakat Fitrah Bagi Diri Sendiri

Saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri, kita dapat menunaikan zakat fitrah untuk diri sendiri dengan membaca doa berikut.


2. Doa Niat Zakat Fitrah yang Dibaca Suami untuk Istri

Seorang suami juga dapat mewakilkan istri dalam membayar zakat fitrah dengan membaca doa ini.

3. Doa Niat Zakat Fitrah yang Dibaca untuk Seluruh Anggota Keluarga

Saat membayar zakat fitrah, kita bisa membaca doa niat untuk diri sendiri dan seluruh anggota keluarga yang menjadi tanggungan. Berikut ini adalah bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri beserta keluarga.

4. Doa Niat Zakat Fitrah yang Dibaca untuk Anak

Sebagai para orang tua, kita bisa membayarkan kewajiban zakat fitrah bagi anak-anak kita, termasuk pada bayi yang baru lahir di akhir Ramadan. Berikut ini bacaan doa niat zakat fitrah untuk anak perempuan dan laki-laki. Jangan sampai salah ya.

5. Doa Niat Zakat Fitrah yang Dibaca untuk Mewakilkan Orang Lain

Selain keluarga, kita juga bisa membayarkan zakat fitrah mewakilkan orang lain. Misalnya untuk teman yang tidak ada waktu untuk membayarkan zakat fitrah sendiri dan minta diwakilkan oleh kita. Namun, jangan lupa untuk membaca doanya berikut ini. 

Doa Saat Mengeluarkan Zakat dan Menerima Zakat

Setelah membaca doa niat zakat fitrah, kita dapat melanjutkan dengan doa saat mengeluarkan zakat dan saat menerima zakat sesuai dengan anjuran dari Rasulullah SAW.

Saat mengeluarkan zakat fitrah, kita berdoa agar Allah SWT melimpahkan manfaatnya bagi diri kita dengan bacaan berikut.

Sementara itu, bagi penerima zakat fitrah (amil) bisa membaca doa kepada Allah SWT sebagai bentuk syukur dan juga harapan baik bagi pemberi zakat fitrah.

Demikianlah informasi yang Ladies Corner berikan tentang bacaan doa niat zakat fitrah. Semoga zakat fitrah yang kita berikan dengan ikhlas dapat memberi keberkahan bagi diri kita dan orang yang membutuhkan ya, Ladies.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah

Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah

Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Penyejuk Hati