Doa Meminta Kesembuhan dari Penyakit, Wajib Diamalkan

0
81

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sebagai manusia tentu kita akan dihadapkan oleh banyak ujian dan masalah yang diberikan oleh Allah SWT. Seperti salah satunya adalah diberikan musibah sebuah penyakit. Namun, apakah Ladies sudah tahu bacaan doa meminta kesembuhan dari penyakit?

Meski itu bagian dari ujian kita sebagai manusia, akan tetapi kita tidak boleh pasrah dan tidak berusaha untuk sembuh. Selain dengan bantuan manusia, kesembuhan juga bisa kita peroleh dari permohonan kepada sang pemberi rasa sakit itu sendiri. Lantas, seperti apa doanya?

Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan Dari Penyakit

1. Al-Qur’an Surat Al Anbiya ayat 83

Doa pertama ini tercantum dalam Al-Quran yang menggambarkan kisah tentang Nabi Ayyub AS. Seperti yang kita tahu, beliau diberikan ujian oleh Allah SWT dengan diberikan penyakit selama bertahun-tahun dan tidak bisa sembuh. Namun, Nabi Ayyub tidak pernah putus asa. Beliau selalu percaya kekuatan Allah dengan terus memohon kesembuhan. Berikut doa yang beliau lafalkan:

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

2. Hadits Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA

Hadits ini meriwayatkan sebuah doa kesembuhan dari penyakit yang bisa dibacakan untuk orang lain. Disebutkan dari berbagai sumber, bahwasannya doa ini menjadi dia yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika ada keluarga yang sakit. 

Oleh sebab itu, doa ini menjadi yang paling sering dibacakan oleh setiap umat muslim ketika menjenguk teman atau saudaranya. Berikut bacaan doanya:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

3. Doa Rasulullah saat menjenguk sahabatnya

Selanjutnya ada juga doa lain yang dibaca Rasulullah ketika menjenguk setiap sahabatnya yang sedang sakit. Beliau selalu mencontohkan dengan menyebut nama orang tersebut ketika membacakan doa untuknya, seperti salah satunya yaitu Sa’ad bin Abi Waqqasah. Berikut bacaannya:

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya: “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad.”

Jadi, doa ini bisa Ladies gunakan disesuaikan dengan nama orang dekat yang sedang sakit.

4. Doa Nabi Muhammad saat menengok orang lain

Selain itu, ada juga doa lain yang dibaca Rasulullah saat menengok orang lain ketika orang tersebut mengalami demam. Bacaan doa ini berisi harapan supaya yang sakit bisa terus tabah, sabar, dan kembali sehat.

Laa ba’sa thahuurun insyaa’allaahu.

Artinya: “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah SWT.” (HR Bukhari dan Ibnu Abbas).

5. Doa memohon kesembuhan dan pengampunan

Saat sakit biasanya kita tidak hanya mengharapkan kesembuhan semata tetapi juga akan memohon pengampunan atas semua kesalahan dan dosa yang kita perbuat selama ini. Berikut ini doa yang bisa kita baca:

Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfaaka fī diinika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.” (HR Ibnu Sunni).

Demikianlah doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta kesembuhan orang yang sedang sakit. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT ya, Ladies!

Baca Juga:

6 Doa Tata Cara Shalat Jenazah, Lengkap Beserta Artinya

Wajib Diamalkan! Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur Arab Beserta Latinnya

Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru Supaya Berkah