Doa Ketika Susah Tidur, Amalkan Agar Insomnia Hilang

0
31

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Apakah Ladies sering susah tidur atau insmonia saat malam hari? Hal ini tentu mengganggu aktivitas dan produktivitas kita esok hari. Oleh karena itu, kita perlu memeriksakan diri ke dokter cara untuk mengatasi insomnia. Selain melalui medis, kita juga perlu memanjatkan doa kepada Allah untuk mengatasi susah tidur. 

Apakah Ladies sudah tahu doanya? Jika belum, berikut ini Ladies Corner sudah mempersiapkan kumpulan doa untuk mengatasi susah tidur. Jangan lupa untuk mengamalkan doa-doa berikut ini ya, Ladies!

1. Doa Susah Tidur karena Gelisah

Salah seorang sahabat nabi, yakni Zaid bin Tsabit, mengadu kepada Rasul bahwa ia semalaman tidak bisa tidur. Beliau hanya tergeletak di pembaringan dalam keadaan jaga karena merasakan kegelisahan. Mendengar hal ini, Rasulullah SAW pun mengajarkan doa yang dapat ia baca untuk mengatasi masalah sulit tidur ini.

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِ

“Allâhumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatun wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdi’ laili wa anim ‘aynii.”

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.”

Setelah Zaid mengikuti ajaran Nabi tersebut, ternyata benar saja, Allah hilangkan kegelisahan yang ia rasakan menjelang tidur tersebut.

2. Doa Susah Tidur karena Menghadapi Kecemasan atau Ketakutan

Selain gelisah, rasa takut dan cemas dapat menghantui kita saat memejamkan mata. Hal ini menandakan jika sedang memikirkan dan takut akan sesuatu, sehingga cukup mengganggu waktu tidur. Berikut ini doa yang dapat Ladies amalkan agar tidur malam lelap.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

“A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wa min hamazatis syayatini wa an yahdhurun.”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

3. Doa Susah Tidur dalam Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih

Doa untuk mengatasi susah tidur selanjutnya diambil dari Shahih Al-Jami’ yang dimasukkan dalam Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih karya Ahmad bin Abdullah Isa. Berikut amalan yang dapat Ladies lafalkan.

لَا إِلَهَ إِلَّا الله الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ، رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ

“La ilaha illallahul wahidul qahhar, rabbus samawati wal ardhi wa ma bainahumal ‘azizul ghaffar.”

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah yang esa dan maha perkasa, Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya yang Mahaperkasa lagi Mahapengampun.”

Dalam buku 101 Doa Anak Saleh, setelah membaca doa-doa tersebut, ada sejumlah etika yang dapat dilakukan jika kita susah tidur, yaitu:

  1. Memperbanyak baca zikir dan doa.
  2. Memejamkan mata dan bebaskan pikiran dari hal-hal yang mengganggu.
  3. Meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Nah, itulah Ladies penjelasan mengenai doa untuk mengatasi susah tidur. Ladies dapat memanjatkan dia ini ketika pikiran Ladies sedang terganggu saat menjelang tidur. Semoga membantu, ya!

Baca Juga:

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam, Wajib Tahu

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam, Wajib Tahu

8 Kumpulan Doa Meminta Agar Diberi Kelimpahan Rezeki Halal dan Barokah