Dijamin Ampuh, Ini 7 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan!

0
28

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Saat batuk, mengeluarkan dahak di tenggorokan terkadang terasa menyakitkan ya, Ladies. Semakin susah dahak keluar, tenggorokan kita pun rasanya semakin gatal dan perih. Hal ini tentunya membuat kondisi dan aktivitas kita terganggu. 

Sebelum terburu-buru mengonsumsi obat batuk untuk mengeluarkan dahak, ternyata ada cara alami yang membuat tenggorokan lebih lega. Cara berikut ini dapat Ladies ikuti jika sedang terserang batuk. So, langsung simak baik-baik ya, Ladies!

1. Mengonsumsi Madu

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Selain rasanya yang lezat, sejak dahulu madu digunakan sebagai penyembuh radang tenggorokan. Hal ini karena madu mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu menyembuhkan radang. Jadi, nggak heran kalau bahan alami ini dijadikan obat alternatif untuk mengeluarkan dahak tanpa menimbulkan rasa sakit di tenggorokan.

Kita hanya perlu mencampurkan sedikit madu ke minuman seperti teh hangat. Rutin mengonsumsi madu dapat membantu mengencerkan dahak. Namun, madu tidak cocok dikonsumsi bagi anak di bawah usia satu tahun.

2. Minum Campuran Jahe dan Lemon

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Jahe menjadi salah satu obat herbal yang dikenal masyarakat sebagai obat alami batuk. Mencampurkan jahe dan lemon efektif membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Dua bahan alami ini efektif mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan sekaligus menghangatkan tenggorokan. 

Cara membuatnya juga mudah kok, Ladies. Kamu hanya perlu merebus jahe yang sudah diiris. Nah, setelah matang campurkan perasan air lemon ke air jahe, lalu siap dikonsumsi.

3. Berkumur Air Garam

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang paling populer adalah berkumur dengan larutan air garam. Selain mengencerkan dahak, air garam ternyata juga baik dalam membunuh bakteri atau kuman di mulut.

Campurkan setengah sendok teh garam pada air putih hangat. Setelah itu, berkumurlah beberapa detik hingga larutan tersebut menyentuh tenggorokan. Cara ini efektif menjaga batuk tidak bertambah parah loh.

4. Meninggikan Kepala ketika Tidur

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Dilansir dari SehatQ, posisi kepala saat tidur dapat diatur untuk membantu mengeluarkan dahak. Caranya dengan menjaga kepala sedikit lebih tinggi waktu tidur. Pasalnya, tidur dengan posisi kepala datar membuat lendir sulit mengalir ke tenggorokan.

Oleh karena itu, menempatkan dua buah bantal di belakang kepala menjadi alternatif terbaik. Dahak akan lebih mudah dikeluarkan saat posisi kepala lebih tinggi dari biasanya.

5. Menggunakan Humidifier

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Kondisi dahak akan makin menumpuk jika lingkungan di sekitar kita terlalu banyak kontaminasi debu dan kuman. Maka, beristirahat di rumah saat sakit batuk sebaiknya juga diimbangi dengan kondisi kelembapan yang ideal. Itu sebabnya kita butuh humidifier untuk membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Humidifier menjadi alat yang populer digunakan di rumah. Alat ini berfungsi untuk membersihkan udara dari debu, kuman, hingga polusi. Selain itu, alat ini juga efektif meningkatkan kelembapan udara saat di rumah. Dengan begitu, bakteri penyebab batuk dan pilek dapat dihilangkan dengan humidifier.

6. Menambahkan Daun Mint pada Teh

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Dilansir dari HelloSehat, daun mint mengandung menthol yang dapat mengencerkan dahak. Jadi, jangan ragu menambahkan daun mint pada minuman seperti teh agar membantu melegakan tenggorokan.

Perlu kamu tahu bahwa mengonsumsi daun mint ini hanya efektif bagi penderita batuk ringan. So, sebelum semakin parah, sebaiknya sesegera mungkin keluarkan dahak dengan bahan ini agar tenggorokan lebih cepat lega, Ladies!

7. Memakai Kompres Hangat di Wajah

Cara-Mengeluarkan-Dahak

Cara mengeluarkan dahak secara alami selanjutnya adalah menggunakan kompres hangat. Perlu kita ketahui bahwa tenggorokan yang kering menyebabkan dahak sulit keluar.Nah, uap hangat dari kompres mampu melembapkan tenggorokan yang kering. Alhasil, dahak pun lebih mudah dikeluarkan tanpa rasa sakit.

Itulah penjelsan mengenai cara mengeluarkan dahak secara alami. Jika kamu sudah melakukan cara di atas dan masih kesulitan mengeluarkan dahak, sebaiknya segera periksa ke dokter, Ladies! 

Baca Juga:

7 Rekomendasi Obat Batuk Berdahak, Efektif Meredakan Batuk Orang Dewasa

5 Vitamin Penambah Nafsu Makan, Efektif Naikkan Berat Badanmu!

12 Manfaat Wedang Uwuh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh