Dianggap Berbahaya, Ternyata Ini 5 Manfaat Pohon Pule bagi Kesehatan

0
16

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki banyak flora dengan segudang manfaat. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan tumbuh subur di Indonesia adalah pohon pule. 

Uniknya, pohon pule terkenal dengan sebutan pohon iblis. Hal ini karena masyarakat yang memercayai mitos bahwa pohon pule berbahaya bagi manusia dan hewan. Namun pada kenyataannya, pohon pule memiliki manfaat untuk kesehatan, Ladies!

Penasaran apa saja manfaat pohon pule? So, langsung saja simak penjelasan di bawah ini, Ladies.

1. Membantu Meredakan Demam Berkepanjangan

Manfaat-Pohon-Pule-bagi-Kesehatan

Demam merupakan salah satu gejala bahwa tubuh sedang sakit. Jika demam tidak diatasi atau dibiarkan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, demam juga menghambat aktivitas kamu, Ladies.

Nah, daun dari pohon pule ternyata bisa meredakan demam, Ladies! Hal ini karena daun pohon pule mengandung senyawa anti inflamasi dan steroid yang membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. 

Ladies bisa memotong dan mengupas kulit bagian luar dari daun, dibersihkan, lalu direbus dengan bawang putih dan biji jinten. Konsumsi rebusan tradisional ini dalam jangka waktu 4 jam sekali untuk meredakan demam.

2. Membantu Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolesterol

Manfaat-Pohon-Pule-bagi-Kesehatan

Obesitas bisa menjadi penyebab penyakit berbahaya bagi tubuh, seperti diabetes, kolesterol, dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan yang ideal agar tubuh tetap sehat.

Selain dengan menerapkan hidup sehat, Ladies juga bisa mengonsumsi daun pohon pule untuk menjaga berat badan ideal. Hal ini karena daun pohon pule mengandung senyawa flavoinoid dan saponin yang efektif membantu menurunkan kadar lemak tubuh.

Cara mengolahnya pun mudah, Ladies. Kamu hanya perlu menumbuh daun pohon pule diolah dengan cara ditumbuk lalu rebus dengan air 250 ml. Tunggu hingga air rebusan berkurang sedikit menjadi 150 ml lalu konsumsi sebelum makan. 

3. Mengatasi Diare dan Mual

Manfaat-Pohon-Pule-bagi-Kesehatan

Kulit pohon pule mengandung ekstrak etanol dan metanol. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi frekuensi buang air besar yang berlebih. Selain itu, daun ini juga mengandung senyawa anti nosiseptif yang membantu mengatasi rasa mual pada perut Ladies. 

4. Sebagai Antidiabetes

Manfaat-Pohon-Pule-bagi-Kesehatan

Diabetes merupakan kondisi saat tubuh mengalami gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar gula darah melebihi kadar normal (hiperglikemia). Nah, daun pule memiliki kandungan betulin dan lupeol asetat yang bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, dua senyawa tersebut membantu merangsang produksi insulin agar tubuh dapat mengubah gula menjadi energi. 

5. Sebagai Antioksidan

Manfaat-Pohon-Pule-bagi-Kesehatan

Bagian pohon pule yang mengandung berbagai senyawa antioksidan. Mulai dari daun, batang, hingga lateks pohon pule mengandung senyawa antioksidan alkaloid, saponin, terpenoid, flavonoid, fenolik, tanin, steroid, dan glokosida. Senyawa-senyawa ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Itulah berbagai manfaat pohon pule yang sangat baik bagi tubuh. Namun masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi manfaat pohon pule bagi tubuh manusia. So, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal, Ladies.

Baca Juga:

6 Manfaat dan Kalori Nasi Putih, Benarkah Bikin Gemuk?

5 Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka, Bagus Buat Tubuh!

5 Manfaat Besar Kerang Hijau buat Kesehatan, Tinggi Kandungan Nutrisi!