Inspirasi Desain Rumah Sederhana yang Modern

0
198

Penulis: Brigitta | Editor: Agnes

Rumah minimalis yang sederhana memang tengah tren saat ini. Rumah dengan desain minimalis terkesan modern dan rapi. Biasanya rumah semacam ini hanya terdiri dari dua hingga tiga kamar.

Alasan orang lebih memilih desain rumah sederhana yaitu lebih ekonomis, efektif, efisien, serta fleksibel. Ladies dapat mengatur ulang untuk menambah ruang jika diperlukan.

Seperti apa desain rumah sederhana yang minimalis? Berikut ulasannya.

2 Kamar

desain rumah sederhana

Rumah jenis ini cocok bagi pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil. Desain rumah ini minimalis sehingga harganya lebih ekonomis untuk dijangkau berbagai kalangan.

Ladies dapat mendesain rumah agar memiliki dua kamar. Lalu buatlah pola-pola grid yang memungkinkan agar rumah bisa dikembangkan secara horizontal maupun vertikal di kemudian hari. Rumah jenis ini mudah dirawat, indah, nyaman, serta tampak luas.

Rumah 6×12

desain rumah sederhana

Rumah jenis ini banyak dikembangkan developer properti zaman sekarang. Walaupun terkesan mungil karena hanya berukruan 45 meter persegi luasnya, namun rumah ini tetap nyaman dihuni.

Luas tersebut ideal untuk perkotaan. Ukurannya tepat, tidak terlalu kecil, tidak terlalu luas, dan harganya tetap terjangkau. Rumah jenis ini juga dapat memuat dua kamar tidur dan garasi satu mobil, sehingga cocok untuk keluarga kecil.

3 Kamar

desain rumah sederhana

Seiring bertambahnya anggota keluarga, Ladies akan membutuhkan semakin banyak ruangan. Kalau lahannya masih mencukupi, Ladies dapat mengembangkan rumah 2 kamar menjadi 3 kamar, baik itu secara vertikal maupun horizontal.

Jika rumah berukuran 6×12 atau 7×9, sebaiknya rumah dikembangkan secara vertikal. Dengan demikian akan lebih efektif dan hemat lahan pastinya.

Rumah 2 Lantai

desain rumah sederhana

Ladies dapat menerapkan zonasi saat mendesain rumah. Sistem zonasi ini dilakukan untuk menambah kenyamanan.

Caranya adalah dengan menggabungkan fungsi privat, fungsi publik, dan fungsi servis. Untuk fungsi privat seperti kamar tidur diletakkan di area khusus. Sementara itu, ruangan yang bersifat publik dan servis ditempatkan di area yang lain. Misalnya ruang makan dan ruang cuci.

Pengaturan ini bisa dilakukan pada rumah dengan dua lantai. Area privat ditempatkan di lantai dua, sementara area publik berada di lantai bawah. Hal ini akan menambah kenyamanan Ladies agar privasi tetap terjaga.

Ruko

desain rumah sederhana

Untuk rumah yang digabungkan dengan toko (ruko) dapat membangun tiga lantai agar lebih leluasa. Selain itu, desain minimalis juga dapat menerapkan desain minimalis loh, Ladies.

Bagian bawah digunakan sebagai area servis atau toko. Lalu lantai tengah sebagai area publik bersama, seperti ruang tamu. Selanjutnya lantai tiga adalah bagian privat, yaitu kamar dan kantor pribadi.

Hal ini sesuai dengan prinsip zonasi yang telah dibahas sebelumnya, sehingga rumah dapat tetap fungsional sebagai tempat toko maupun hunian yang nyaman.

Demikian Ladies, ulasan tentang denah rumah sederhana. Bagaimana, kira-kira desain mana yang jadi inspirasimu?

Baca Juga:

Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Super Unik dan Kece

Wajib Tahu! Simak 9 Tips Cara Mulai Bisnis Clothing Line

Dapatkan Uang Tambahan dengan Usaha Online Tanpa Modal