7 Inspirasi Desain Rumah Open Plan yang Kece, Tertarik Coba?

0
117

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Ladies, kini hunian sempit tak jadi persoalan besar! Ada banyak cara untuk mengakalinya, salah satunya dengan menerapkan konsep desain rumah open plan. Ide dasar dari konsep ini adalah menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu, tanpa dipisah sekat atau dinding permanen.

Selain hunian terlihat lebih lapang, keunggulan lain dari konsep open plan adalah sirkulasi udara dan cahaya yang lebih bebas karena tidak terhalang dinding. Hunian pun akan lebih terang dan sejuk. Eits, tapi bukan berarti seluruh bagian rumah tidak dibatasi dinding loh! Untuk ruangan privat, misalnya kamar mandi harus tetap menggunakan dinding ya.

Konsep ini sempat nge-trend dan banyak diadaptasi pada hunian kontemporer mungil di kota-kota besar. Tertarik ingin mencobanya Ladies? Pas banget nih, tim Ladies Corner akan mengulas desain rumah open plan yang kece secara singkat di artikel berikut! Simak semuanya ya!

1. Open plan di rumah selebar 3,5 meter

Desain Rumah Open Plan

Apakah hunian selebar 3,5 meter dapat menampung semua kebutuhan keluarga? Jawabannya bisa!  Belajar dari arsitek Abimantra, Ladies bisa membuat hunian 3 lantai dengan tiap lantainya mengusung konsep open plan, Ladies. Ruang dapur, ruang keluarga, dan ruang makan dibuat menyatu.

Supaya lebih ringkas, Ladies bisa menggunakan mebel multifungsi untuk meja dan tempat tidur Ladies. Denagn begitu, meja tersebut bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

2. Open plan untuk apartemen

Desain Rumah Open Plan

Luas apartemen yang terbatas, mengharuskan penghuninya mengatur ruangan supaya lebih ringkas. Di sini Ladies bisa menerapkan penggabungan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga menjadi satu tanpa dibatasi sekat atau partisi. Sebagai gantinya kita bisa menggunakan lampu gantung yang berbeda di tiap ruangan Ladies. Furniture lampu yang berbeda inilah yang menjadi pembeda fungsi antar ruang.

3. Open plan bertema Industrial

Desain Rumah Open Plan

Desain dinding bata merah yang tidak di-finishing, furniture bermaterial kayu dan plat besi pada tangga juga menarik untuk dicoba. Gaya industrial ini akan terlihat ringan dan cantik jika dipadukan dengan konsep open plan.  Semua ruangan dibiarkan terbuka, hanya tangga tanpa railing yang menjadi sekatnya.

4. Menggunakan furnitur sebagai partisi

Desain Rumah Open Plan

Cara paling mudah untuk membedakan fungsi antar ruang pada hunian open plan adalah dengan menggunakan furniture sebagai partisinya. Yang paling umum digunakan adalah rak atau kursi. Ladies tinggal meletakkan furniture tersebut pada titik yang tepat, pasti dijamin hunian jadi tambah kece. Tak hanya sebagai partisi, furniture tersebut juga berfungsi tempat penyimpanan atau sekedar pajangan. Jadi multifungsi banget, ya!

5. Menggunakan karpet lantai

Desain Rumah Open Plan

Kalau yang ini adalah trik paling sederhana dan “ramah di kantong” karena harga karpet relatif lebih murah. Secara visual, karpet berfungsi sebagai obyek pemisah ruangan. Namun perlu dicatat, supaya interior hunian tetap terlihat kece, Ladies harus memperhatikan warna dan motif karpetnya.

6. Menggunakan partisi kisi kayu

Desain Rumah Open Plan

Agar tidak menghilangkan kesan luas ruangan, Ladies bisa menggunakan kisi kayu berbentuk jeruji. Jangan semua sisi ruangan diberi partisi, cukup diaplikasikan pada satu atau dua sisi ruangan, sehingga tidak menghalangi pandangan kita ke ruangan lainnya.

7. Partisi dari kaca

Desain Rumah Open Plan

Meskipun berupa partisi permanen, namun penggunaan kaca dapat memberikan kesan ruangan yang luas Ladies. Hal ini karen kaca dapat menciptakan ilusi, sehingga membuat ilusi seolah-olah semua ruangan menyatu, padahal aslinya terpisah.

8. Desain split level

Desain Rumah Open Plan

Split level atau perbedaan ketinggian lantai juga bisa menjadi pembeda fungsi ruangan pada hunian berkonsep open plan. Desain ini juga bisa dipadukan dengan memainkan material interior ruangan, supaya perbedaan fungsi ruang semakin jelas. Misalnya material kayu digunakan untuk lantai yang lebih rendah, sedangkan keramik untuk lantai yang lebih tinggi. Desain ini juga membuat ruangan terlihat lebih unik dan cantik.

Itu dia Ladies rangkuman desain rumah open plan yang kece. Kira-kira mau mencoba yang mana?

Baca Juga:

Penuh Nuansa Tradisi, Berikut 6 Keunikan Rumah Adat Aceh

Yuk Kenali 7 Nama dan Keunikan Rumah Adat Jawa Timur!

Hobi Travelling? Yuk Wisata ke 10 Masjid Terindah di Dunia Ini!