Waspada! Ini 8 Daftar Kosmetik Berbahaya dan Palsu

0
329

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Siapa yang tidak tergiur terhadap kosmetik yang menjanjikan hasil instan? Jangan mudah terbuai janji, kita harus memastikan bahan-bahan yang ada di dalam kosmetik aman dan bebas dari bahan berbahaya.

Pasalnya, produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dapat berisiko bagi kesehatan. Apalagi sekarang banyak kosmetik palsu yang beredar di pasaran.

Kosmetik palsu ini mengandung merkuri, hidroquinon, phthalates, dan formalin. Penasaran apa saja kosmetik yang banyak dipalsukan dan mengandung bahan berbahaya? Keep reading until the end!

1. Etude House – Dear Darling Water Gel Tint (PK004)

Liptint yang satu ini banyak dijual di e-commerce dengan harga murah. Namun, Ladies perlu hati-hati apabila membeli liptint Etude House ini karena banyak dipalsukan. 

BPOM menemukan produk palsu tidak memiliki izin edar dan dikhawatirkan mengandung bahan-bahan berbahaya yang justru merusak bibir. So, pastikan membeli Dear Darling Water Gel Tint langsung di store resmi ya.

2. Etude House – AC Clean Up Mild Concealer

AC Clean Up Mild Concealer by Etude House telah dinyatakan berbahaya karena mengandung antimony. Antimony merupakan sebuah senyawa beracun yang biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar kepadatan timbal.

Apabila antimony digunakan di wajah untuk jangka waktu yang lama akan berisiko bagi kesehata. Bahkan menyebabkan sejumlah keluhan seperti iritasi kulit, kerusakan paru-paru, mata dan gangguan jantung. 

Produk ini telah ditarik dari pasaran untuk pengujian ulang. Pihak produsen juga telah memohon maaf dan berjanji meningkatkan jaminan mutu produk.

3. Karisma Cosmetic

BPOM telah memastikan tiga rangkaian produk dari Karisma Cosmetic mengandung merkuri dan hidroquinon. Tiga rangkaian ini diantaranya night cream, treatment cream, dan day cream. Sayangnya, produk kecantikan Karisma Cosmetic ini masih banyak beredar di e-commerce

Merkuri dan hidroquinon biasa dipakai secara ilegal pada krim pemutih wajah. Apabila merkuri terserap ke dalam tubuh, bisa menyebabkan gangguan saraf, penurunan fungsi ginjal dan paru serta masalah pencernaan. Sedangkan hidroquinon akan mengakibatkan kelainan pigmentasi kulit.

4. Tony Moly – Magic Food Cucumber Water Gel

Produk kecantikan asal Korea Selatan ini sebenarnya bagus untuk wajah. Mengandung 95% sari cucumber sehingga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga terhidrasi dengan baik. Efektivitas produk yang tinggi membuat produk ini laku keras di pasaran. 

Namun banyak oknum nakal yang memalsukan produk ini, sehingga beredar luas di pasaran. Oleh karena itu, kunjungi outlet resmi Tony Moly untuk membeli produk  yang asli agar aman Ladies.

5. Skinfood – Cherry Full Lip Liner (Rose Cherry)

BPOM menemukan kandungan antimony pada produk Cherry Full Lip Liner seri rose cherry dari merk Skinfood. Produk kosmetik asal Korea Selatan ini telah ditarik oleh BPOM karena antimony termasuk senyawa berbahaya yang tidak bisa menjadi komponen pembuatan make up. Oleh karena itu, pastikan lip liner yang Ladies pakai bebas dari antimony, ya!

6. Xoxo Makeup Thailand – Bon Bon Liquid Matte Lipstick (#1 Peachy Peach)

Seri nomor 1 dengan warna peachy peach dari Bon Bon Liquid Matte Lipstick ditarik oleh BPOM sejak 2018 lalu. Di dalamnya mengandung zat pewarna yang dilarang untuk produk kosmetik.

Jadi, jangan sampai tergiur dengan warna cantik lipstick tanpa memastikan keamanan produknya. Sebaiknya kita memeriksa nomor sertifikasi keamanan produk melalui barcode yang biasanya tertera pada kemasan kosmetik.

7. Dnars – Honey Cream

Kosmetik impor dari Malaysia ini sebelumnya banyak dijual di media sosial. BPOM memastikan bahwa varian honey cream mengandung hidroquinon dan tretinoin, sedangkan varian yellow gold collagen mengandung merkuri. 

Jelas ketiga senyawa dalam produk Dnars ini membahayakan tubuh dan tidak tepat dipakai untuk bahan kosmetik. Ladies harus bijak membeli kosmetik terlebih jika membeli melalui media sosial ya.

8. Etude House – Zero Sebum Dying Powder

Satu lagi produk tiruan dari Etude House yang banyak diproduksi secara ilegal. BPOM mengamankan barang tiruan Zero Sebum Dying Powder yang diimpor dari Filipina.

Produk tiruan dijual dengan harga lebih murah dibanding di store Etude House resmi. Meskipun murah, jangan sampai mengorbankan keamanan diri sendiri dengan membeli produk palsu ya Ladies!

Itulah beberapa kosmetik berbahaya dan palsu. Pastikan kosmetik yang Ladies beli sudah terdaftar di BPOM dan belilah di outlet resmi yang pastinya sudah terjamin aman.

Baca Juga:

Hindari! Ini 7 Ciri-Ciri Lipstik yang Mengandung Bahan Berbahaya

7 Rekomendasi Produk Lipcare untuk Mencerahkan Bibir

7 Rekomendasi Skincare dari Brand Lokal Atasi Kulit Berjerawat