Catat! Ini Struktur dan Contoh Surat Rekomendasi

0
309

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Surat rekomendasi merupakan surat yang ditulis individu atau perusahaan untuk merekomendasikan karya, prestasi, akademik dan kapabilitas seseorang. Surat ini bisa berlaku di bidang apa saja, seperti dunia kerja, bisnis, pendidikan, pengajuan bank atau bahkan pencairan BPJS.

Tetapi jangan khawatir, ya, ladies, tentu saja CV atau surat atas tanda tanganmu tetap penting. Tetapi, informasi langsung dari perusahaan lama dan orang lain membuat kualifikasi kita di atas kertas semakin dipercaya.

Sebelum mengetahui lebih dalam, simak syarat dan manfaat surat rekomendasi versi Ladies Corner berikut ini, ya!

Syarat Surat Rekomendasi

contoh surat rekomendasi

Di dunia kerja, surat rekomendasi berguna untuk menilai kualitas calon pelamar. Penulis surat atau orang yang diberi rekomendasi sebaiknya memiliki relasi positif dengan pelamar, misalnya atasan atau rekan kerja.

Setelah memiliki relasi kerja yang cukup dekat, pemberi rekomendasi diharapkan menilai secara jujur dan berdasarkan fakta. Pemberi rekomendasi wajib mengetahui kinerja dan skill pelamar selama bekerja di kantor sebelumnya.

Cara Meminta Surat Rekomendasi

contoh surat kuasa

Siapa pun yang bakal kita putuskan sebagai pemberi rekomendasi, ada baiknya bicarakan terlebih dahulu dengan mereka ya, Ladies. Jika mereka setuju dan bersedia membantu, kita bisa langsung mengirim surat permohonan via email atau fisik.

Lampirkan juga template surat rekomendasi saat mengirim e-mail agar tidak merepotkan mereka. Diskusikan dengan mereka setidaknya saat kita sedang menjalani tahap wawancara dengan recruiter. Jangan lupa sertakan tenggat waktu yang tidak mepet agar pemberi rekomendasi bisa menulis suratnya.

Struktur Surat Rekomendasi

cara membuat surat pernyataan

Surat rekomendasi setidaknya harus memiliki lima sruktur. Apa saja, sih?

  • Pengantar

Setelah menulis judul surat, berilah pengantar singkat di awal paragraf mengenai identitas pemberi rekomendasi dan hubungannya dengan pelamar. Misalnya, tulislah nama, jabatan, perusahaan, dan relasi dengan pelamar.

  • Tinjauan tentang skill dan prestasi pelamar

Paragraf kedua merupakan poin yang cukup penting bagi pemberi rekomendasi memberikan penilaian. Contohnya, pelamar kerja adalah staf yang menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, mampu bekerja dalam tim hingga mendapat promosi jabatan.

  • Sisipkan pengalaman pribadi si pemberi rekomendasi dan pelamar

Pemberi rekomendasi juga bisa menulis kisah pribadi dengan pelamar. Misalnya saat pelamar berbaik hati melakukan bonding atau membantu memberikan insight konten tertentu.

  • Pernyataan penutup

Paragraf ini merangkum soal mengapa pelamar yang direkomendasikan cocok untuk bekerja di perusahaan baru.

  • Tanda tangan pemberi rekomendasi

Selain tanda tangan, pemberi rekomendasi juga sebaiknya melampirkan nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi.

Contoh Surat Rekomendasi

Masih bingung? Tenang, berikut ini Ladies Corner berikan berbagai contoh surat rekomendasi versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  • Surat rekomendasi lamaran kerja

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

  • Surat rekomendasi beasiswa

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

  • Surat Rekomendasi untuk BPJS

Itu dia struktur dan contoh surat rekomendasi versi Ladies Corner. Jika sedang melamar kerja, pastikan orang yang merekomendasikan memiliki hubungan baik dengan kita, Ladies. Good Luck!

Baca Juga:

Struktur dan Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi yang Memiliki Pengalaman

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Wajib Tahu! Ini Dia Contoh, Struktur, dan Cara Membuat Surat Kuasa