Inilah Struktur dan 3 Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama

0
196

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Surat perjanjian kerjasama atau yang biasa kita kenal sebagai MoU (Memorandum of Understanding) merupakan dokumen penting yang sering ditemui dalam kegiatan bisnis. Surat pernjanjian kerjasama berfungsi untuk membuat perjanjian antara dua belah pihak.

Oleh sebab itu, biasanya berisi poin-poin penting yang mengatur perjanjian yang sudah disepakati. Pembuatannya juga tidak bisa main-main, Ladies. Berikut ini ada informasi penting mengenai surat perjanjian kerja sama.

Aspek Penting dalam Surat Perjanjian Kerjasama

bisnis modal kecil

Sebelum melihat seperti apa struktur yang ada dalam surat perjanjian kerja sama, berikut ada beberapa aspek yang perlu Ladies perhatikan:

1. Aspek pembuatan

Pembuatan surat perjanjian itu tentu memiliki konsekuensi yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Pastikan bahwa tujuan dan apa isinya sudah didiskusikan terlebih dahulu, ya.

2. Pelaku

Dalam surat perjanjian, harus terdiri dari minimal dua pihak yang setuju. Pihak itu bisa berupa perorangan maupun badan hukum atau perusahaan.

3. Pengikat perjanjian

Surat perjanjian dibuat bersifat mengikat semua pihak yang terlibat. Jadi, di dalamnya harus selalu menyertakan apa saja hukum yang mengaturnya. Hal ini penting agar nantinya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Struktur Surat Perjanjian Kerja Sama

Berikut ini ada struktur yang harus ada dalam surat perjanjian kerja sama.

  • Judul surat

Struktur pertama yaitu judul surat perjanjian. Bagian ini bisa menjadi identitas surat yang dibuat. Akan tetapi, Ladies, perlu diingat bahwa meski sudah ada judul, kita tetap harus membaca isinya, ya. Supaya tidak ada miss dalam komunikasi.

  • Identitas pembuat perjanjian

Selanjutnya adalah identitas pembuat perjanjian. Bagian ini juga dikenal dengan komparasi. Mengapa ini penting? Karena untuk bukti tertulis soal siapa saja yang membuat perjanjian dan atau atas permintaan siapa dibuat.

  • Premis surat perjanjian

Di bagian ini Ladies bisa mengisinya dengan uraian singkat tentang perjanjian yang dibuat. Lalu, bisa tambahkan dengan latar belakang perjanjian tersebut.

  • Isi

Dalam surat perjanjian kerja sama, isinya berupa butir-butir pasal yang memuat ketentuan tersebut. Pasal tersebut harus dibuat terstruktur, berurutan dan bersifat tegas serta memikat.

  • Penutup surat

Sedikit berbeda dengan beberapa surat resmi lainnya, biasanya bagian penutup berisi soal keterangan bahwa surat tersebut menjadi alat bukti yang dipergunakan di kemudian hari. Semisal terjadi soal sengketa atau konflik antara pihak terkait bisa digunakan.

  • Tanda tangan semua pihak yang terlibat

Terakhir adalah tanda tangan dan nama jelas semua pihak yang terlibat. Hal ini untuk dijadikan bukti dan dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

Contoh Surat Perjanjian

1. Contoh perjanjian kerja sama kontrak kerja

2. Contoh perjanjian hutang

3. Contoh perjanjian jual beli

Itulah tadi, struktur penting dalam pembuatan surat perjanjian kerja sama. Pastikan bahwa isinya sesuai ya, Ladies. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Penting! Ketahui Prosedur dan Contoh Surat Izin Cuti Menikah

Contoh Surat Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris

Struktur dan Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi yang Memiliki Pengalaman