Struktur dan Contoh Membuat Surat Penawaran Barang

0
211

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Menjadi pebisnis sukses adalah idaman banyak orang. Meski begitu, ada banyak hal yang perlu kita pelajari sebelum memulai bisnis, khususnya saat mempromosikan barang dan jasa.

Ya, Ladies, salah satunya adalah mengenali surat penawaran barang. Surat penawaran biasanya dibuat untuk menggugah minat pembeli atas barang atau jasa yang ditawarkan, meningkatkan pemasaran, memperluas jaringan, dan membangun relasi usaha agar tidak berpaling ke produsen lain.

Menurut A. Fauzi dalam bukunya, Mail Merge: Solusi Praktis untuk Surat-surat Bisnis, surat penawaran barang dibuat ketika calon pembeli terlebih dulu membuat surat permintaan penawaran. Namun, surat penawaran juga bisa dikirim langsung kepada calon pembeli hanya untuk mempromosikan barang atau jasa si penjual.

Ciri Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang

Masih bingung membuat surat penawaran barang? Tenang, sebelum membuatnya, kita kenali dulu, yuk, komponen apa saja yang wajib ada di dalam surat ini!

  1. Terdapat identitas lengkap produk atau jasa, seperti nama, spesifikasi dan tahun keluaran.
  2. Harga per unit. Perusahaan harus menyebutkan harga secara jelas dan potongan yang diberikan agar pembeli tidak terkecoh.
  3. Syarat pembayaran dan pengiriman, seperti harus cash, lunas, atau bisa diangsur dalam kurun waktu tertentu.
  4. Cara pengemasan dan pemesanan, misalnya bisa cash on delivery, preorder, transfer, dan sebagainya.
  5. Sifat penawaran bebas atau terikat. Bebas berarti pembeli tidak akan diberitahu jika terdapat perubahan harga. Sedangkan terikat berarti pembeli wajib diberitahu saat terjadi perubahan harga.

Struktur Surat Penawaran Barang

contoh surat penawaran barang

Surat penawaran barang memiliki sejumlah alinea yang dibagi menjadi tiga poin, yaitu identifikasi barang atau jasa, informasi pengiriman, dan penutup. Berikut contohnya:

  • Paragraf 1

Berisi tentang identitas produk. Paragraf ini harus memuat seluruh informasi tentang kualitas, spesifikasi, dan harga yang ditawarkan. Surat penawaran barang juga harus memiliki kop surat atau identitas produsen.

  • Paragraf 2

Berisi tentang cara pembayaran, pengemasan, pengiriman, dan kapan produk diserahkan. Penjual juga dapat mencantumkan informasi potongan harga atau promo yang berlaku.

  • Paragraf 3

Berisi tentang penutup, yakni ucapan terima kasih kepada pembeli yang telah membaca spesifikasi produk dan berminat membeli.

Contoh Surat Penawaran Barang

contoh surat penawaran barang

Berikut ini adalah contoh surat penawaran barang agar konsumen tertarik dan membeli. Coba simak ya, Ladies!

1. Surat Penawaran Barang Alat Kesehatan

Contoh Surat Penawaran Barang

2. Surat Penawaran Barang Furniture

Contoh Surat Penawaran Barang

3. Surat Penawaran Barang Perlengkapan Wanita

Contoh Surat Penawaran Barang

Oke Ladies, tiga contoh surat penawaran barang di atas bisa menjadi rujukanmu, ya! Jangan lupa untuk menulis secara jelas agar pembeli tidak kebingungan. Ingat, surat penawaran barang adalah kunci sukses bisnis di mata produsen. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Ini Dia Struktur dan Cara Membuat Surat Hibah Tanah 

Wajib Teliti! Ini Struktur dan Cara Membuat Surat Perjanjian yang Benar

Ingin Resign? Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Profesional