Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

0
272

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Selain CV atau riwayat hidup, dokumen penting lainnya yang perlu dipersiapkan oleh jobseeker adalah surat lamaran. Yap, karena beberapa recruiter menganggap kalau surat lamaran kerja bisa menggambarkan kesan pertama kandidat. Apalagi kalau menggunakan bahasa Inggris, HRD bisa menilai kalau kita menguasai dua bahasa dengan baik, loh.

Meskipun sebenarnya ada beberapa perusahaan yang tidak mengharuskan penggunaan bahasa Inggris, tetapi tidak ada salahnya untuk menarik perhatian HRD, kan, Ladies

Nah, untuk itu simak cara membuat dan contoh surat lamaran berikut ini supaya surat lamaran kita semakin menarik dengan bahasa Inggris!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

surat lamaran kerja

1. Cari tahu kepada siapa surat ditujukan

Layaknya surat penting lainnya, surat lamaran kerja perlu diawali dengan kalimat pembuka atau sapaan. Untuk itu, sebelum melamar ada baiknya Ladies cari tahu dulu kepada siapakah surat itu ditujukan. 

Penulisan sapaan nama dalam bahasa Inggris ada baiknya jika menggunakan nama belakang. Misal nama recruiter nya adalah Ari Lesmana, maka sapaan yang baik dalam bahasa Inggris adalah “Dear Mr. Lesmana”. 

Namun, jika nama recruiter tidak diketahui, Ladies bisa gunakan sapaan “Dear Hiring Manager” atau “Dear Head of …”

2. Tunjukkan maksud surat tersebut

Dalam surat lamaran kerja, Ladies bisa menyebutkan alasan mengapa menginginkan pekerjaan tersebut dan kenapa Ladies mahir melakukannya. Fokuslah pada apa yang bisa kita berikan daripada bagaimana perusahaan membantu kita.

3. Sebutkan kelebihan dan pengalaman

Setelah menyebutkan tujuan surat, maka ini waktunya Ladies ‘mempromosikan diri’. Tunjukkan semua skill yang Ladies miliki dan bagikan pengalaman apa saja yang kiranya sesuai dan bisa berkontribusi ke depannya.

4. Pastikan bahasa yang digunakan formal dan tata grammarnya sudah benar

Oleh karena surat lamaran kerja menjadi kesan pertama seorang jobseeker, maka usahakan untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan, tetapi tidak kaku. Lalu, karena tata bahasa Inggris jelas berbeda dengan bahasa Indonesia, perhatikan kembali grammar yang Ladies gunakan. 

Tenang! Kalau Ladies merasa belum terlalu handal soal grammar, sekarang sudah banyak kok situs pemeriksa grammar yang bisa diakses gratis.

5. Gunakan kalimat penutup yang memberi kesan baik

Kesan yang baik tidak hanya bisa ditampilkan di awal, tetapi juga di akhir, seperti kalimat penutup. Pilihlah kalimat yang tidak umum, namun bisa mengesankan, seperti misalnya:

Your company’s dedication to continue to deliver the best innovations has been my role model over the years. I would like to continue to develop this with my relevant skills and experience with your company of course.”

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi Fresh Graduate

surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagi yang Sudah Berpengalaman 

surat lamaran kerja

Nah, sekarang sudah tahu kan cara membuat surat lamaran berbahasa Inggris dan seperti apa contohnya? Selamat mencoba, Ladies!

Baca Juga:

Pengertian dan Contoh Kuitansi Jual Beli Tanah

Sering Dinas Kerja? Begini Cara Membuat Surat Tugas

Dapatkan Uang Tambahan dengan Usaha Online Tanpa Modal